Random Facts About Me... :)



Postingan ini inspired by midnight chit-chat saya dengan Dodo tadi malem. Sebelom tidur (sesi kesekian untuk saya :P) kami biasanya memang sering banget ngobrol geje, ngevaluasi seharian tadi, ato cerita dan ngebahas apaaaaa aja sambil nunggu ngantuk. Karena keabisan bahan obrolan dan si ngantuk belom juga dateng, semalem saya tiba-tiba tanya random facts yang Dodo tau selama belasan taun ngenal saya..begitu juga sebaliknya. It was really fun.. :) Semacam bercermin tapi dari sudut pandang yang berbeda. Kadang saya manggut-manggut tanda nerima random facts yang Dodo sebut. Tapi kadang saya juga malah keberatan..sambil kasih pembelaan.."Masa sih ambu kayak gitu?".. :P Untuk yang keberatan itu biasanya berkaitan dengan bad facts ya. Standar banget lah..orang kadang memang sering kali ga sadar sama kebiasaan buruk yang sebenernya cukup mengganggu buat orang lain. Setelah ada yang "protes" baru deh nyadar diri...hihihi... :P


Ya, dari obrolan kami semalem saya sadar bahwa becermin dari sudut pandang orang lain dalam melihat kita bisa membantu untuk mengenal diri kita lebih jauh. Terlepas dari fakta yang baik atau buruk, namanya manusia memang enggak bisa lepas dari dua hal itu ya. Kembali ke diri masing-masing laaah nyikapinnya mo gimana.. ;) Afterall..mari kita buka-bukaan aib.. :D Here's some random facts about me that you might not know. Di antaranya ada yang semalem Dodo sebut..dan ada juga yang Dodo gak sempet sebut karena baru Dodo tau setelah saya melakukan semacem "pengakuan dosa".. (and he's quite shock about it..hahah.. :D)



1. Love lalapan & sambel like crazy!!! You name it..pohpohan, surawung (kemangi-red.), selada,  kadeundeun, kali hampir semua jenis daun yang dijadiin lalapan pernah saya coba..dan selalu suka. Lidah Sunda banget memang ya, meski untuk urusan jengkol & pete bagi saya haram banget hukumnya. Mungkin karena sedari dulu dilarang abis-abisan makan dua jenis makanan ini sama orangtua, sampe sekarang kebiasaan itu pun kebawa. Ga ada rasa penasaran sama sekali, yang ada malah sewot kalo aja sambel goreng kentang yang notabene juga kedoyanan saya, disisipi "musuh berbau" bernama pete ini. Kegilaan saya sama dua hal ini juga (TERNYATA :D) lumayan bikin Dodo senewen sekarang. Secara, ibu hamil ga disaranin makan makanan pedes berlebihan dan lalapan mentah demi kesehatan janin. Sementara saya seriiiiiiiing banget ngerengek minta Dodo ajak ke resto Sunda yang merupakan surganya sambel dan lalapan. Kalo udah begitu, mana tega nolak coba dia.. :P 


Maaf ya Baaahh..gak lagi-lagi daaah.. :D


2. Si clumsy. Di saat saya ga (atau belum) merasa nyaman berada di suatu lingkungan, lagi panik atopun keburu-buru, saya bisa ceroboh dan kikuk abis-abisan. I drop things easily, fall easily, belibet ngomong, salah sebut nama, mendadak blank, bikin malu laah pokonya..hahaha.. :D Tapi sekarang mah udah tau triknya. Daripada bikin malu dan nyelakain diri sendiri, kalo lagi ngerasa ga nyaman di suatu lingkungan ya mendingan diem aja. Ga banyak ngomong, ga banyak tingkah, cari aman judulnya.. :P Yang susah malah kalo lagi panik dan keburu-buru. Sampe sekarang masih sering banget saya ketinggalan ato kelupaan nyimpen barang, sering juga tergopoh-gopoh dari satu ruangan ke ruangan laen di rumah, tapi begitu nyampe malah lupa mo ngapain ato mo ngambil apa. Kalo udah begini, Dodo cuma bisa geleng-geleng kepala..sambil sesekali melotot karena kuatir saya & jabang bayi kenapa-napa... :D


3. Mandiri (atau penyendiri? :P). Emmh..middle child syndrome yang pernah saya alami cukup berperan di sifat saya yang ini.. :D Dari dulu saya terbiasa ke mana-mana sendiri, berusaha menyelesaikan apa pun sendiri, jarang sekali bergantung pada orang lain. Punya temen-temen deket, punya genggong semasa sekolah sampe kuliah, gajadi alesan bagi saya untuk selalu ke mana-mana berombongan. Hobi nonton di bioskop semasa SMP & SMA pun sering banget saya lakonin setiap minggu sendiri. Biarpun posisinya lagi punya pacar waktu itu, mostly kunjungan ke bioskop ya saya abisin sendirian aja, sisanya baru sama temen-temen dan keluarga. Agak aneh mungkin ya, tapi saya memang menikmati sekali masa-masa sendiri saya. Gak jarang, dulu saya malah ngerasa ga nyaman kalo terikat dengan seseorang alias pacaran. Apalagi kalo punya pacar yang ngekang dan ke mana-mana musti ditemenin biar berasa punya pacarnya..wuaaaaah bisa gila saya.. #putusinaja :P Dan jangan salah, meski akhirnya menemukan pelabuhan terakhir (aammiiin) yakni menikah apalagi hamil seperti sekarang ini kadar mandiri itu terus dikurangi, ada aja kalanya saya nekat pegi-pegi sendiri, ngelakuin apa sendiri, kalo emang suami lagi gabisa dampingin ato bantuin karena masih harus ngantor misalnya. Ngeliatnya, masih ada aja tuh temen yang komentar "Suami ke mana?", "Tega amat si Abah biarin lo pegi sendirian!" ..kesannya semuaaaaa nyalahin Dodo. Padahal mah saya sendiri yang nekat, maksa dan yakinin Dodo kalo saya bakal baek-baek aja kalopun pegi-pegian sendiri tanpa dia, ato ngelakuin sesuatu sendiri kalopun dia lagi gabisa nemenin saya. Kalo denger komentar temen-temen saya ini, Dodo juga ga jarang kesel sama kenekatan saya yang malah bikin namanya tercemar..hahaha.. :D

4. Gampang nangis. Ya, di balik sisi mandiri saya yang kesannya wanita tegar dan pemberani itu, saya juga memang gampaaaaang banget ngeluarin aer mata. Sensitif banget pokonya. Liat iklan susu yang agak nyentuh di TV, nangis. Liat film dengan adegan yang agak mengharukan dikit, nangis. Liat kakek tua renta yang biasa ngejajain jagung rebus keliling komplek, nangis. Bahkan liat kucing lahiran pun bisa nangis saya mah saking terharunya.. (-__-.) Dengan bukti-bukti itu, kayaknya gausah pada nanya lagi ya gimana bombaynya saya kalo lagi sedih plus kalo lagi minta maaf sama orangtua & suami di momen lebaran atopun di luar momen itu, ga jarang sampe sesek napas dong saya saking "semangetnya" becucuran aer mata. Tanya kenapa? Saya sendiri gak ngerti deh. Mungkin hati saya memang teramat lembut sampe-sampe gampaaaang banget tersentuh..ato mungkin keran aer mata saya juga udah bocor dari sananya makanya guampaaaaang banget ngalirnya..  *haiyiah* :D 

5. Gampang marah. Selain gampang tersentuh, emosi saya pun bisa dibilang gampang kesulut. Bukan yang marah-marah gak jelas gitu tapi ya, semuanya selalu beralasan pastinya. Kalo sebates sedikit kesinggung sih biasanya ga langsung maen marah aja. Mentok-mentok udah pasti nangis di kamar, curhat sama Tuhan sambil mukenaan. Tapi kalo ada orang yang yang menghina, nginjek-nginjek harga diri, apalagi ngelecehin saya ato keluarga mah beeeeeuuuuh..jangan harap saya berbaek-baek dah. Bisa beneran meledak-ledak saya. Satu yang saya inget banget, back then saya sampe pernah adu mulut sama orang yang lebih tua dari bapak saya sendiri karena merendahkan keluarga saya di depan banyak orang. Waktu itu seisi ruangan hening, pada shock ngeliat "keberanian" saya. Memang bukan hal yang bisa dibanggain ya, tapi saya banyak belajar dari kejadian itu. Inget gimana amarah bisa bikin saya buta sama keadaan, kadang bikin saya ngeri sama diri sendiri. Since then, saya merasa harus bisa lebih menahan diri dan mengontrol emosi. Well..I'm still working on it. Demi..demi menjadi role model yang baik bagi si anak kelak. Amiiin.. :')

6. Gampang banget eargasm. Catet yaaah..bukan "or" tapi "ear" lho yaaah..hahaha.. *self toyor* :D Ya, for me, a day without music will be so bloody boring. Dan saya pun emang paling ga bisa nahan diri kalo tiba-tiba denger musik ato lagu yang saya suka. Ga tahan di sini maksudnya ga peduli di mana pun itu, saya suka tiba-tiba ikutan nyanyi kalo hafal liriknya, ato ikut manggut-manggutin pala ngikutin beatnya kalopun suka sama musiknya tapi ga hafal liriknya. Ga peduli itu lagi di angkot, di mall, di lobi bioskop, di rumah, di cubical kantor, dan itu selalu, apalagi di konser ato kafe yang nyediain live music begitu. Saking sering ga sadarnya, suami ato temen sering banget ngingetin dengan bilang... "kontroooool" kalo penyakit gatau malu saya selagi denger musik ini lagi kumat.. :D

7. Fobia cicak pake banget. Tiap orang pasti punya fobianya sendiri-sendiri ya. Kalo Dodo takut banget sama kecoa, sampe rela kehilangan image kelelakiannya kalo ngeliat serangga satu ini (lha wong sampe tereak-tereak dan naek-naek kursi segala dia.. :D), nah kalo saya malah takutnya sama cicak. Duuuuh..kalo nemu..biarpun cuma cicak kecil di mana pun itu, bisa jerit-jerit histeris saya. Fobia ini berawal dari saya yang pernah kejatohan cicak selagi solat tarawih waktu masih kecil dulu. Pertamanya saya gak ngeh binatang apa yang tiba-tiba nemplok di pundak saya itu. Begitu dia jalan ke arah muka, berasa banget itu dingin grenjel-grenjel genyalnya..dan baru ketauan lah makhluk apa itu. Hiiiiiyyy...langsung lah itu saya tereak-tereak sambil jejingkrakan di antara saf sholat. Sambil nangis manggil-manggil Mamah pula..sementara teraweh masih terus jalan di tengah rokaat. Hadeuuuh malu-maluin ya.. (-___-.)

8. Mrs. Injury Time. Mari kita jadikan jam kerja di media yang gak karuan sebagai kambing hitam.. :D Berawal dari terganggunya jam tidur akibat sif malem seminggu sekali di tempat saya kerja sekarang ini, saya sering banget sholat subuh di akhir waktu..and it almost everyday.. :'( Sialnya, biarpun sekarang udah gak dapet lagi sif malem, jam tidur itu masih keganggu dan ngeganggu juga ke jam bangun paginya. Alhasil, tidur larut malem, bangun sholat kesiangan, mandi setengah jam menuju berangkat ngantor, dan pilih-pilih baju plus dandan sambil rurusuhan, udah jadi semacem keseharian. PR saya banget iniiiih. Soalnya setelah lahiran dan si anak tumbuh besar nanti, gak mungkin pola idup begini terus-terusan diikutin. I promise myself, ke depan musti bisa tidur lebih cepet, biar bisa bangun lebih pagi, dan semuaaaa kewajiban sebage istri, ibu, sekaligus wanita bekerja tetep bisa dilakuin tanpa rurusuhan itu tadi. Bismillah... 

9. Angin-anginan. Kalo lagi rajin, rajinnya ampun-ampunan. Kalo lagi males, malesnya juga gila-gilaan. Itulah saya.. :P Dan hal ini berlaku buat banyak hal loh. Mulai dari olah raga, ngerjain proyek sampingan menulis saya, sampe belakangan..soal kerjaan rumah pun ikut angin-anginan..maklum ni perut udah mangkin gede aje maaak..mangkin beraaaatt..ehehe.. *alesan* :D

10. Si penakut yang suka banget nonton film horor. Ini mungkin aneh. Tapi..entah kenapa saya yang memang cenderung penakut selaluuuu aja penasaran kalo liat film-film  horor teranyar (khususnya horor Asia terutama Thailand). Dodo sampe gemes sendiri soal kebiasaaan aneh saya yang satu ini. Ngajakin nontonnya minta ampuuun semangetnya..tapi selama di bioskop jerit-jerit ketakutan dan ga jarang juga minta pulang di tengah-tengah film. Belom lagi pake acara super parnoannya setiba di rumah. Ke ruangan mana-mana musti ditemenin ato at least diliatin. Hahaha..soooo weird, yah.. :D


11. Dulu superboros, sekarang superirit. Masa-masa bekerja ketika lajang bisa dibilang masanya saya menikmati hasil keringat sendiri. Tapi  bukan berarti foya-foya sampe gak bersisa buat tabungan hari depan juga loh, cuma memang porsi tabungannya masih kalah jauh sama porsi senang-senangnya.. :P Biarpun bukan termasuk orang yang brand minded, tapi dulu (catet yah..dulu.. :P) saya memang kebilang boros untuk urusan belanja fashion stuff. Masuk ga masuk whislist, ada ato ga ada alokasinya, kalo liat barang disukain ya langsung dibeli tanpa mikir dua kali. Dulu mikirnya mending langsung dibeli ketimbang nyesel dan kebayang-bayang terus sesampenya di rumah. Sekarang mah saya udah sadar bahwa itu bener-bener pemikiran yang salah. Saking sadarnya akan keenggaksehatan hidup boros saya di masa lalu, sekarang saya bener-bener irit untuk urusan belanja. Ga cuma fashion stuff, tapi juga merembet ke masalah daily needs. Saya sampe "research" kecil-kecilan loooh untuk mbandingin harga grocery needs di satu supermarket dan supermarket lainnya. Dari situ sekarang saya tau di supermarket A produk apa yang lebih murah, di supermarket B produk apa yang lebih murah, dan saya kejar demi asa pengiritan. Emak-emak banget lah..hahah.. :D Sekarang juga saya lebih menekan ego untuk belanja-belanji ngikutin keinginan. Yang diprioritasin ya yang bener-bener masuk kebutuhan aja (kalo baju dan celana hamil termasuk kebutuhan pendukung kehamilan kan? :P), selebihnya jadi urutan ke sekian. Pokonya...saving first!!! Kalopun kebelet banget kepengen sesuatu di luar kebutuhan mendesak, cari pos-pos mana yang bisa dipangkas, ato cari sumber penghasilan lain yang bisa menuhin rasa kebelet itu.. *halah*. Makanya..ga jarang, untuk bisa beli item tertentu, sekarang saya memilih untuk puasa "senang-senang" ketimbang harus ganggu tabungan yang alokasinya sekarang tentu untuk hal yang jauh lebih penting dari sekedar menuhin "keinginan".. #onlyifyouknowwhatimean ;)



12. Mamaku idolaku. Kalo lagi turun semanget kerja, lagi ngerasa terbebani dengan tuntutan superwoman yang harus saya sandang sebage istri (dan calon ibu) yang juga bekerja, lagi ngerasa capek ngadepin beban hidup yang makin sini makin berat *haiyiah* :P saya selalu memotivasi diri dengan mengingat Mamah. Apa yang beliau lewati selama lebih dari 30 tahun berumah tangga pun sungguh tidak mudah. Beban yang diembannya selama ini juga sungguh tidak ringan. Kelelahan yang beliau rasakan juga sungguh tak terbayangkan. Tapi, hampir ga pernah saya denger beliau mengeluh. Bahkan, di usianya yang hampir memasuki kepala 6 dan masih bekerja kantoran dengan tingkat stress yang cukup tinggi sampe sekarang, ga ada raut muka kusut dan keluh kesah yang beliau bawa pulang setiap harinya. She seems really enjoys her life and career. Menjalani kehidupan sebagai wanita bekerja dan menyeimbangkannya dengan kehidupan rumah tangga tentu enggak mudah ya. But somehow she could handle it. Dear God..semoga dedikasi dan keikhlasan beliau dalam menjalani hidup sebagai seorang istri dan ibu bekerja dapat menurun kepada saya kelak. Amiiiin... :')



13. Pengen banget bisa jait dan potong rambut. Selepas SMA, di masa-masa santai sekolah sembari nunggu masuk kuliah, Mamah pernah nawarin saya kursus jait dan kecantikan (termasuk potong rambut). Dulu sempet bikir buat apa, toh saya punya tekad untuk kuliah dan kerja seperti Mamah, jadi tawaran itu pun saya tolak. Nah, sekarang-sekarang ini saya malah nyesel. Kalo aja dulu saya saya ikut kursus jait, kecantikan,dan potong rambut, mungkin saya bakal punya skill lain yang kali aja bisa bikin saya lebih berani untuk membuka usaha sendiri. Atau kalopun harus sambil kerja kantoran kayak sekarang, toh skill-skill itu tetep bisa saya pakai at least untuk diri saya sendiri. Bisa jait baju hasil desain sendiri tanpa ngandelin tukang jait langganan, bisa dandanin diri sendiri, sodara, atau siapa pun di acara-acara khusus misalnya, ato juga bisa potongin rambut suami sendiri yang sama rapinya kayak potongan barber Paxi :P semua itu bisa dilakuin sendiri yang tentu bakal datengin kepuasan (bahkan mungkin juga tambahan penghasilan) buat diri sendiri juga. Aiisssh..mangkin nyesel dah sekarang maaaak... (-___-.)

14. Pernah ngeband dan masih pengen ngeband lagi. Puncak pencapaian saya di dunia band-band-an ini *halah* mungkin bisa kebilang telat ya. Setelah lumayan rajin jamming dan latian dengan beberapa orang temen di masa SMA, saya baru bener-bener ngerasain atmosfer manggung dan tampil di depan banyak orang itu sekitar taun 2002 di Blue Stage Kampus Sastra Unpad, untuk acara yang digelar anak-anak himpunan mahasiswa Sastra Jepang. Mungkin karena telat itu jugalah yang bikin rasa kepengen ngeband itu masih tetep ada. Bukan buat jadi band tenaarrrrr tapi ya..suasana studio dan jammingnya aja yang saya kangenin. Ada yang berminat ngeband just for fun juga?? Yuuuuk..mari kita ngejam sama-sama. Saya cuuuup jadi vokalisnya yaaaa... *masi ngareup* :D


15. Pernah bikin ekstra tindikan di kuping sendiri. Yaaak..masa-masa ababil kadang suka bikin kita nekat dan bepikir pendek ya.. (kiiitaaa?? :P) daaaan itu jugalah yang terjadi pada saya. Gatau kesambet setan apa..tiba-tiba ko ya timbul aja keinginan buat nindik telinga lebih dari satu dan ngelakuin itu sendiri. It hurts, it works, then I put earrings on em..un...til...my Mom found out and got mad..haha.. :D Bener-bener bodoh lah ituuuh. But thank God, karena kejadiannya udah lama banget, sekarang ekstra lubang tindikannya udah nutup sendiri. Kalo ga, malu sama perut atuuuh Ambuuuu.. :P


16. Pernah "menikah" dan akhirnya "bercerai" di rumah sakit, di hari yang sama. Please guys, don't take it too serious.. :D Ini terjadi di masa saya masih main ibu-ibuan. You know, ibu-ibuan? Semacem permainan anak-anak kecil yang pura-pura jadi sepasang suami istri, gendong boneka yang dianggap anaknya ke mana-mana, pura-pura belanja ke pasar padahal metikin daun dan bunga di halaman tetangga, ya..itu yang saya maksud di sini.. :D Jadiiii..waktu main ibu-ibuan kali itu ceritanya saya menikah dengan Arif, seorang temen maen saya semasa kecil. Biar "afdol"..dicarilah logam bunder serupa cincin sebagai properti tambahan. Kebetulan di meja kerja bapak waktu itu lagi berantakan mur dan baut radio yang lagi Bapak saya coba benerin. Tanpa Bapak tau, saya ambil lah sepasang mur berulir itu buat jadi cincin kawin pura-pura. Setelah pasang-pasangan "cincin" dan "menikah", acara main ibu-ibuan pun dilanjutkan. Sampe akhirnya acara ibu-ibuan itu selesai, si mur bener-bener susah dilepas dari jari tangan. Udah segala macem dicoba..mulai dari dilumurin ke minyak goreng, dilumurin aer sabun, sampe diputar-puter sambil ditarik ke atas yang akhirnya malah bikin si mur makin masuk ke bagian bawah jari. Paniklah dua keluarga dibuatnya.. *halah* Akhirnya kedua "cincin kawin" ini baru bisa dilepas dari jari manis "sepasang suami istri" setelah kedua lempengannya dibor..di Rumah Sakit Mitra Kasih (dulu namanya RS Asadira) Cimahi. Hahahahaha..scary yet hilarious experience for me and Arif. Dan sampe sekarang, kebodohan saya ini masiiiiiih aja jadi trending topic di ajang ngobrol-ngobrol jayus pas ngumpul keluarga besar. Maluuuu daaah aaah.. :D 


17. Ga akur sama para mantan. Believe it or not, dari sekian orang mantan pacar saya (kesannya banyak bangetttt yaaak.. :P), gak ada satu pun yang masih berhubungan baik, dan gak ada satu pun yang masuk friendlist di situs-situs jejaring sosial saya. Ada pun yang masuk ke contact BBM, udah saya remove ga lama setelah dia invite PIN saya yang katanya dia tau dari seorang temen. Kenapa begitu? Alesannya yaaaaa..males. Karena dalam sejarah percintaan saya selama ini *halah* ga ada itu istilah putus baik-baik. Well, mungkin ini juga karena ga ada kisah putus cinta saya yang ga diawali percekcokan, perselisihan, bahkan perselingkuhan (emang ada ya yang putus begitu aja tanpa sebab? :P) yang tentunya menyakitkan. Makanya ya setelah putus ya putus aja..tutup buku..buang..lanjut ke lembaran di buku yang baru. Dalam kamus saya, ga ada istilah cari-cari kabar setelah putus, cari-cari akunnya di social site, apalagi kepo liatin timelinenya yang jelas bakal ngejauhin kita dari yang namanya move on.. :D

Waktu jaman ABG sih penyebab putusnya memang masih ecek-ecek, mulai dari sayanya yang dianggap terlalu "asik sendiri" dan bikin si cowok merasa enggak dibutuhin, saya yang memang susah diajak jalan karena emang ortu yang dulu superstrict, si pacar yang super hare-hare sampe akhirnya putus sendiri, dan saya dan si mantan yang harus pisah sekolah dan akhirnya bikin hubungan menghambar karena intensitas ketemuan berkurang *halah*. Naaah..penyebab-penyebab putus ini justru semakin kompleks dan nyakitin setelah saya beranjak "dewasa". Yang paling nyakitin dan susah dimaafin..ya tentu saja..SE..LING..KUH!!! Apesnya, salah satu mantan yang paling nyakitin dan  paling susah dimaafin itu sekarang malah jadi tetangga saya yang cuma kealingin satu rumah. Yuuuk maareeee..alhasil sekalinya papasan cuma senyum dikulum lalu melipir..malesssss basa-basi berkepanjangan.. :P 

Sebenernya masih banyak sih ya random facts lainnya yang publik maya belom tau tentang saya.. *sok penting* :D Taaaapiiiii..sebelum jadi ajang bongkar-bongkaran aib yang semakin massif lagi, mari kita akhiri postingan ini sampai di sini saja. Oya, dari beberapa poin di atas, mungkin bisa ketebak juga ya random facts mana yang bikin Dodo agak shock dengernya semalem.. :D Tapi yang bikin saya legaan, afterall sikap Dodo tetep manis kok sama saya, semoga itu pertanda bahwa Dodo gak nyesel udah memperistri saya setelah ajang pengakuan dosa tadi malem..hihihi.. :P



peace & love


@cy


Komentar

Puti mengatakan…
eike juga takut cicak tapi skrg mendingan meski ttp geli dan sepertinya semua kaum adam takut kecoa heu -_-