(Finally) Furniture Hunting.. :)

Udah pernah saya bilang di sini kan ya kalo sejak SMA saya udah suka (baca: penikmat :P) interior design? Ya, mungkin itulah alesannya kenapa sedari dulu saya betah berlama-lama maen The Sims (bangunin rumahnya, dekorasiin, ancurin, trus bangun lagi :P), suka sketching interior geje di sketchbook, dan excited untuk maen-maen ke toko furniture, toko bangunan (especially Depo), ato ke toko perabot dapur semacem Mutiara Kitchen, biarpun cuma buat window shopping doang.. :P Kalo soal window shopping ato berselancar soal perinterioran via website mah gausah ditanya. Jauh sebelum akhirnya terbeli rumah, di PC kantor, netbook, sampe di henpon sendiri udah banyak banget "koleksi" unduhan foto desain rumah beserta interiornya, plus segala rupa furniture kece-kecenya, yang saya keep atas nama bekal "referensi untuk rumah sendiri." ..hihihi.. :)

That's why, begitu kebeli rumah (well..tercicil tepatnya.. :P) excitement untuk ngunjungin toko furniture, toko elektronik,  toko alat dapur, sampe toko bangunan segala, jelas makin menggila. Mall dengan gerai fashion di sana-sini mah lewaaattt lah. Somehow, I suddenly lose my 'appetite' to it.. :D

Setelah kenyang dengan window shopping, dan kenyang nyimpen tumpukan segala foto furniture, akhirnya tiba saatnya mewujudkan "referensi untuk rumah sendiri" itu..*dancing* :D Setelah isi celengan dirasa cukup, dan setelah perdebatan alot *lebay* dengan Dodo tentang mana item yang lebih urgent, kami pun memutuskan hunting furniture untuk ngisi ruang tamu kami yang masih kosong melompong..demi kenyamanan keluarga dan tetamu yang datang berkunjung.. (see you later mesin cuci!! *dadah-dadah* :P)

Sebelum officially hunting, tentunya kami brainstorming dulu *haiyah* tentang apa yang dimau, yang sesuai dengan konsep rumah, dan tentu sesuai dengan budget kita juga. Hehehe..kalo ditanya maunya doang sih ya sofa-sofa yang di Home Solution itu tuuuuuh. Tapi apakah sofa-sofa Home Solution sesuai sama konsep rumah minimalis (baca: berukuran mini :P) dan budget kami yang juga ga kalah minimalis??? Sayang, untuk dua hal itu banyakannya enggak sesuai..hihihi.. :D Setelah diskusi dengan Dodo, dengan mempertimbangkan budget, konsep ruang tamu kami yang mini, tetamu yang sering kali berkunjung, dan yang ga kalah penting keberadaan dua kucing hiperaktif di rumah kami, pilihan pun jatuh ke kursi sudut minimalis berbahan kayu jati. Modelnya kurang lebih kayak gini:


..atau versi lebih simpel dan lebih minimalisnya lagi kayak gini..:


Alesan kami pilih kursi ruang tamu yang simpel kayak di atas, pertimbangannya adalah besaran ruangan..dan..kucing peliharaan.. :P Dengan ruangan yang cuma 3x3 meter aja, kami aga ragu nempatin sofa atau kursi yang full berbalut busa yang berkesan berat, takut ruang tamunya jadi terkesan terlalu penuh. Dan kalo inget anaknya si Gendud yang lagi "manis-manisnya"..hadeuuuh..bawaannya ngeri aja itu lapisan busanya dicakar-cakarin bakal ngasahin kuku.. :| Dan kenapa model sudut??? Alesannya biar pemanfaatan ruangnya lebih efisien, plus bisa sekaligus jadi divider antara ruang tamu dan ruang makan yang memang enggak bersekat.. :)

Naaaah..kalo ngomongin kepengen nih..saya sih kepengennya yang begini..


Pernah sih liat sofa yang persis model di atas plus meja tumpuknya yang juga mirip (bedanya kakinya doang) di Home Solution, tapi harga satu setnya bisa nyampe *nelen ludah* 3 bulan gaji saya.. :D Dan kalopun iya jadi beli (tepatnya kebeli :P) sofa model ini di saat kucing kecil lagi pecicilan begini, saya ngeriiii banget bahannya yang semikulit itu nantinya bakal dicakar-cakarin. Kan sayang bangettt.. :( Oya, saya juga sempet nemu model yang juga mirip-mirip sofa ini di toko furniture di sepanjang Jalan Pasirkoja. Tapi dengan harganya yang kelewat miring, dan sofanya yang enteng begitu dicoba diangkat, saya jadi ragu soal bahan rangka kursinya. Takutnya malah pake kayu abal-abal yang gampang rapuh dan gampang reyot kalo dipake duduk kelamaan.

Sebenernya sih, saya & Dodo juga naksir banget banget sama sofa L sekaligus sofa bed kayak begini..


...tapi yang begini ini sih enaknya bakal di ruang TV kali yah. Dan harganya juga udah pasti ga murah.. :P Yaaah..for now cukup mendamba dulu lah yaaaa. Sambil ngumpulin recehan bakal ngisi celengan, untuk sementara nonton TV-nya sambil tiduran di karpet dulu aja daaah..hihihi.. :D

Naaah buat yang mungkin lagi pada hunting furniture juga, khususnya kursi atau sofa ruang tamu, ada baiknya mempertimbangkan beberapa hal terlebih dulu selain budget, ukuran ruangan keseluruhan, dan adanya hewan peliharaan seperti yang udah sedikit saya bahas di atas. Perhatikan juga sifat ergonomis dari furniture yang kita pilih. Pastikan saat duduk di jok kursi atau sofa tamu itu, posisi kaki kita bener-bener nyaman menapak di lantai dan gak menggantung. Untuk kursi atau sofa ruang tamu yang sifatnya formal, pastikan busanya ga terlalu empuk. Selain ngilangin kesan formal, busa material couch yang terlalu empuk juga bisa bikin si tamu susah bangun karena tenggelem di empuknya busa..(I've been there.. :P) Kalo yang material empuk begitu mah paling enak emang di ruang TV atau ruang keluarga kali ya, so..mau sampe tenggelem dalem busa dan ketiduran berjam-jam juga ga masyalah..hehehe.. :D

Selain itu, perhatikan juga material kain pembungkusnya. Biasanya pilihannya antara kain atau kulit sintetis. Pilih bahan yang tebal dan berserat rapat, maksudnya biar daya serap cairannya ga berlebihan, yang dikhawatirkan bisa bikin material busa di dalemnya cepet rusak. Pastikan juga warna kain penutup kursi atau sofanya sesuai dengan tema ruangan. Atau untuk lebih aman, pilihlah warna-warna netral seperti hitam, abu-abu, putih, atau beige, agar mudah disesuaikan dengan warna dan furniture lainnya. Oya, di atas saya sempet sedikit bahas rangka kursi atau sofa ya??? Nah, untuk ketahanan dan keawetan furniture, ga ada salahnya loh kita tanya penjual tentang material kayu rangka yang dipake. Pastikan juga kayunya udah diasap sebelum dirakit menjadi rangka. Karena biasanya kalo kayu rangkanya diasap dulu, ketahanannya juga jauh lebih lama. Soal kerapian jahitan juga harus jadi pertimbangan ya. Make sure jaitan antara kain dan busa sofa juga rapi dan kuat, untuk lebih menjamin daya tahan jok kursi atau sofa.  

Segitu aja tips yang saya intips dari beberapa sumber. Semoga membantu ya.. :) Dan yaaa..ngebahas ini semua makin bikin saya ga sabar untuk berburu furniture. Mari berburuuuu!!! \(^_^)/


peace & love


@cy


Komentar

Unknown mengatakan…
berapa harga kursi kayunya ya?
Astri Kurnia mengatakan…
@ Yuzdii: Hehehe..saya gak jualan Mas.. :D Tapi berdasarkan survei saya waktu itu sih harga kursi ruang tamunya berkisar antara 2,8 juta sampe 9 jutaan untuk yg kayu jati. Kalo yang full sofa malah bisa sampe belasan juta harganya. Semoga bermanfaat infonya. Happy hunting ya.. :)