(Ngakunya) Cat Lover

Si Bulet yang langsung menclok di pangkuan Dodo selagi wirid setelah solat Zuhur kemarin. How adorable he is.. :D

Sesaat setelah saya mengganti display picture BBM saya dengan foto unyu-unyu di atas *halah*, datenglah BBM dari seorang temen. Berasa diingetin tentang kucing mungkin, karena  bahasan kami di BBM waktu itu pun gak jauh dari kucing. Temen lama saya ini memang saya tau sejak dulu suka kucing. Ya, at least saya tahu dari dia yang sempet pelihara kucing di rumahnya, dan selalu excited juga setiap ngeliat kucing-kucing peliharaan saya di rumah waktu kami masih sama-sama satu sekolah. Setelah bahasan itu, tiba-tiba ada satu BBM yang bikin saya miris...

"Kalo ada info adopt kucing ras kabarin gw ya. Ogah ah kucing kampung mah!" 

Yang bikin miris itu bukan karena saya kebetulan pelihara dua kucing kampung atau kucing domestik di rumah, but more like miris karena how could someone yang mengaku cat lover said that.. :( It's sound silly maybe, but honestly, saya juga ikut ngerasain gimana "sedihnya" kucing-kucing domestik itu kalo mereka ngerti dan tau apa yang temen saya bilang di situ. Somehow, baca BBM temen saya ko kayak kucing-kucing domestik itu enggak layak dipelihara dengan berbagai alesan..karena mereka jorok, enggak berbulu tebel, susah gemuk, kurang lucu, dan karena alesan-alesan lainnya. Sedih deh. Nyayangin binatang ko pilih-pilih begitu ya. Ngakunya cat lover tapi sampe segitunya nyari kucing ras adopsian, sementara kucing domestik masih banyak banget yang menggelandang di jalanan. Ogah katanya...*sigh* (-___-.) 

Padahal kan, soal kebiasaan buang aer kucing bisa dilatih. Terbukti dari sekian banyak kucing domestik dan dua ras campuran yang sedang atau pernah saya pelihara, mereka pup tertib di litter box semua, bahkan ada yang di lubang WC juga. Soal penampilan dan tingkah kucing kampung yang katanya ga seatraktif dan selucu kucing ras, itu semua juga relatif, bukan? For me, semuanya lebih ke gimana kita sebagai pemelihara ngetreat mereka (banyak berinteraksi, dan ajak mereka main misalnya). Buktinya, kucing-kucing kampung yang pernah dan sedang saya pelihara juga tetep playful ko. Lincahnya ga beda kayak kucing ras campuran yang pernah atau sedang kami pelihara, dan dengan kucing ras murni yang dipelihara temen saya lainnya. Meski secara penampilan berbeda dengan kucing ras, kucing domestik pun tetep adorable menurut saya . Makanya, gemes rasanya ngadepin orang yang masih suka beda-bedain perlakuan terhadap binatang yang sama-sama ciptaan Tuhan ini. Kalo memang cat lover sejati, harusnya ga ada alesan untuk mengagung-agungkan dan lebih memprioritaskan kucing ras untuk jadi peliharaan, bukan? Kalo ngebeda-bedain begitu apa bedanya sama rasis, coba?

Ini memang bukan "kasus" diskriminasi kucing yang pertama saya temuin. Beberapa temen yang tahu saya suka kucing, sering tanya di mana mereka bisa dapet kucing ras bagus, baik yang dijual maupun yang diadopsi. Meski saya termasuk yang kontra terhadap jual-beli kucing ini, akhirnya saya tetep kasih tau mereka tempat penjualan kucing ras yang memang saya tau, dan disambut respons excited dari mereka. Tapi sedihnya, begitu saya tawarin untuk mengadopsi kucing via grup Pencinta Kucing Domestik di Facebook yang ga kalah lucu-lucunya (daripada beli kucing ras dengan ratusan ribu hingga jutaan rupiah), mereka malah nolak dengan berbagai alasan. 

Ada juga temen yang nawarin saya kucing ras tertentu dengan harga sekian, yang menurut dia sangat murah. "Daripada pelihara kucing kampung," katanya. Beuuuh..nyesek rasanya. Memangnya apa yang salah dengan melihara kucing kampung? I love cats unconditionally though. Bukan semata-mata karena mereka berbulu tebel, berbadan gendut, beridung pesek, lantas saya pelihara. Toh, pelihara binatang juga bukan buat gengsi atau gagah-gagahan, kan? Gak sedikit kucing yang akhirnya saya pelihara saya pungut dari sekitar komplek rumah, itu karena kasian ngeliat mereka luntang-lantung sendirian, kurus kering karena susah cari makan, sampe akhirnya si kucing saya adopsi. Keadaan mereka saat dibawa pulang pun macem-macem. Mulai dari yang buluk dan kotor banget, kurus kering, basah kuyup dan bau karena abis kecebur got, sampe yang sakit ileran, cacat, dan buta salah satu matanya juga ada. But still I love them all. Semuanya sebisa mungkin dipelihara dengan baik, dikasih makan, dirawat, bahkan sampe beranak pinak. Memang ada sebagian yang diadopsikan karena kami udah bener-bener kewalahan, tapi itu pun kami pastikan dulu adopternya bakal bener-bener ngerawat mereka. 

So, buat animal lover or cat lover abal-abal..coba pikirin lagi, apa sebenernya motivasi Anda melihara binatang (terutama kucing). Memang bener tulus sayang? Atau cuman sebatas gagah-gagahan dan gengsi karena punya jenis binatang ras tertentu yang notabene berharga mahal? Kalo pilihan yang pertama bukan alesannya, mending benerin niatnya deh. Benerin juga perlakuan terhadap mereka, apa pun jenisnya. Bukankah si kucing gondrong, si kucing cepak, si gendut, ato si kurus kering sekalipun, itu juga sama-sama makhluk Tuhan? 

Let's think about it... 


peace & love


@acy

Komentar

Puti mengatakan…
setuju hidupppp pecinta kucing sejati, againts breder yang jual nya ampe mahal-mahal gitu, di milis yahoo pecinta kucing ada beberapa tuan yang dgn sukarela kasih kucing mahalnya juga loooo ;)
Astri Kurnia mengatakan…
Indeed Put. God bless those who don't take any advantage of selling this cute animal..and God bless those who provide a shelter for the abandoned cats and take care of them, so that fury little friends could live and breed under a pleasant conditions. Amen..