There's Something About BIGBANG


Berawal dari ngintipin timeline Twitternya @realtaeyang, ngintipin tweet photo Instagramnya selama Alive Tour BIGBANG di beberapa negara di Asia, plus ngintipin video konsernya di Indonesia 13 Oktober lalu vial link Youtube yang juga dia posting di situ (yang lagi-lagi, dengan sangat menyesal, musti saya lewatin :|), jadilah saya kepikiran buat posting tulisan ini juga. So just let me make it as a tribute to them, one of my favorite South Korean boyband..a very very genius one.. ;)

Saya lupa kapan tepatnya pertama kali kenal boyband yang mengusung musik R&B, hip hop, hip pop, dancepop, dan electropop satu ini. Yang pasti, setelah sempet ngeliat video klip ”Haru Haru” yang memang meng-haru-kan *halah* di salah satu channel TV cable beberapa taun lalu, saya mulai suka dengan musiknya yang memang catchy. Setelah itu, sekitar pertengahan 2009, Abang Jai (My Sizzy’s ex boyfriend) yang memang saya minta nyimpenin stok lagu-lagu yang dia punya ke netbook saya yang saat itu masih baru dan tak berlagu, secara ga langsung ngenalin saya lebih jauh ke boyband ini. Di antara lagu-lagu yang dia masukkin ke netbook saya, ada tiga folder BIGBANG dari tiga album rilisan Korea Selatan dan Jepang ("BIGBANG Vol. 1", "Remember", dan  "Number 1") yang secara genre memang dia banget (he composed some R&B songs back then). Karena musiknya juga sangat berterima di kuping saya, sampe sekarang folder-foldernya pun masih kesimpen rapi di netbook, dicopy ke handphone dan music player, plus disimpen pula di PC kantor, tentunya dengan update-an album dan lagu-lagu terbarunya #modaldonlot :P Indeed..lagu-lagunya yang mostly upbeat dan danceable (ada pun yang ballad tetep bercita rasa BIGBANG dengan sentuhan rap di sana-sini) memang layak jadi koleksi. Bener-bener asik buat dikupingin selagi suntuk, buat temen nyetir, temen mandi *oops*, temen bebenah rumah, atau bahkan temen diudak deadline… #howrandom :D Dan ini juga jadi bukti lain betapa universalnya musik. Meski ga bisa langsung ngerti bahasa dari lagu-lagunya yang mostly berbahasa Korea..I still could enjoy every single beat of their music..i could really really really enjoy it..  :) Setelah mendalami lirik-liriknya via transtool pun, I love it. Banyak di antara lagu-lagunya yang mampu menyentuh saya. Lirik-lirik lagunya ga cuma celotehan "kosong" asal berima, tapi bener-bener penuh makna. Di antara sekian banyak lagu BIGBANG, lirik "Haru Haru" jadi yang paling ngena buat saya.. :) 



Ya, I admit that boyband satu ini memang outstanding. Gimana ngga, meski basically memang pada good looking, mereka ga ”jualan” tampang ganteng tok karena mereka punya looks dan stylenya yang totally beda alias enggak se-dandy macem boyband asal Korea Selatan lainnya. Meski punya appearance oke, mereka juga ga ”jualan” aksi panggung atraktif tok karena secara koreografi dance-nya pun ga dibuat heboh atau semacam gerakan "seragam" kayak boyband Korea Selatan pendahulunya. Ya..they definitely have their own style and ”selling points”. Skill dan ciri khas masing-masing personelnya dalam hal rapping and singing, musik yang mereka bikin sendiri, lirik yang juga mereka gubah sendiri, seakan jadi inti ”jualan” yang mereka tawarin ke musicholic, yang dikemas apik dengan gaya dan ciri khas masing-masing dalam hal penampilan, plus koreografi yang sesuai porsi (baca: enggak lebay) dan pas dengan genre yang mereka usung dalam hal aksi panggung. Superb!!! BIGBANG bener-bener jadi satu hip hop boyband dengan paket komplit..plit..plit!!!

Di awal kemunculannya, konon respons terhadap BIGBANG di negeri ginseng sana memang bisa dibilang ga terlalu bagus. Yah..namanya juga mendobrak ”mainstream” format boyband yang udah terbentuk duluan yang jadi such a big hit, setidaknya butuh waktu untuk memperkenalkan karya mereka yang memang berbeda. Padahal di album debutnya itu juga lagu-lagunya juga udah terbilang ngehit menurut saya. "Dirty Cash" dan "La La La" yang kental rasa R&B dan hip hop Amerika tapi tetap bercita rasa Asia jadi dua lagu favorit saya di album itu, selain "This Love" nya Maroon 5 yang dibawakan ulang oleh sang leader, G-Dragon, dengan versi rap dan berbahasa Korea. Keberanian G-Dragon membawakan lagu itu dengan gayanya juga menuai pujian Ryan Seacrest. Host American Idol itu even bikin postingan khusus untuk mengulas boyband ini di blog pribadinya. One word: WOW.

Setelah meluncurkan lagu "Lies" yang akhirnya menjadi hit nomor 1 di tangga lagu Korea Selatan bahkan Jepang, barulah BIGBANG menuai hasil kerja kerasnya. BIGBANG pun semakin dikenal sebagai boyband dengan segudang talenta, yakni singing, rapping, dancing, making and producing their own music. Sejak itu, album demi album dengan hit demi hit mereka luncurkan. Hasilnya, sekarang mereka ga cuma dikenal di dua negara itu aja, bukan juga cuma di Asia, tapi juga di Eropa, hingga Amerika yang notabene juga banyak memberi influence di musik mereka. Since then..berbagai penghargaan pun mereka raih, termasuk di ajang MTV Europe Video Music Awards untuk kategori "Best World Act" setelah secara telak mengalahkan Britney Spears dan beberapa nomine lain dalam pollingnya (VIP rules!!!). Ya..BIGBANG udah bener-bener mendunia. Thumbs up!!! b(^_^)d



Lalu, apa yang bikin BIGBANG berbeda, sampe akhirnya namanya dikenal di hampir semua benua, skillnya dalam bermusik diakui para musisi dunia (Ludacris, Flo Rida, Nelly Furtado, Pixie Lott etc.) hingga akhirnya sukses berkolaborasi (bahkan diincer untuk diajak berkolaborasi) dengan beberapa nama musisi dunia yang udah lebih dulu ternama?

BIGBANG members have a great individual skill. Itu udah ga bisa dimungkirin. Mereka bisa ngerap dan bernyanyi dengan sangat baik, dengan karakter suara masing-masing, semuanya punya stage act yang asik (at least dari video live performance yang saya liat via Youtube ya..karena belon kesampean nonton langsung konsernya mah :D), punya style masing-masing yang juga sangat kharismatik, dan yang paling outstanding, mereka punya kemampuan bermusik, yaitu menciptakan lagu dan menggubah lirik, yang mungkin sangat jarang dimiliki member boyband-boyband lain.          

BIGBANG punya G-Dragon (a.k.a. GD). Ngomongin soal suara, GD punya unique voice and style of singing and rapping. Saking uniknya, saya pernah beberapa kali ketipu sama suara cowok yang punya ngaran asli Kwon Ji-yong ini. Di satu lagu solonya yang punya judul ”A Boy” misalnya, pertama kali denger saya sempet ngira dia pake backing vocal perempuan di part chorus lagu itu. Ternyata eh ternyata..itu suaranya sendiri aja. Dengan suara falsettonya yang bener-bener mulus, dan setelah sepersekian detik langsung lanjut ngerap dengan suaranya kasarnya, terus balik lagi ke falsettonya..begitu berulang-ulang dalam satu lagu itu gila menurut saya. Oke..dari sisi recording sih mungkin bisa aja keduanya direkam giliran biar produksi suara falsetto dan ngerapnya terdengar padu. Tapi setelah ngeliat live performancenya untuk lagu itu (thanks to Youtube) dan dia bener-bener nyanyiin sendiri semua partnya dengan sangat mulus (paling banter dengan bantuan satu rapper untuk ngebackup sedikit part background rapnya), saya makin percaya kalo skill macem begini di industri per-boyband-an Korea Selatan, bahkan mungkin dunia, cuma GD yang punya. Dan ya, ketipunya saya sama suara GD ini pun terjadi begitu pertama kali denger lagu ”CafĂ©” dan ”Blue”. Ngomongin soal skill bermusik, GD punya kecerdasan luar biasa dalam menciptakan musik yang ”menjual”, tanpa harus keluar dari taste dan ciri khasnya, yang akhirnya terbukti berhasil mendobrak mainstream musik K-Pop yang ditawarkan boyband pendahulunya. 
Dengan perbendaharaan musiknya yang sangat kaya, GD berani mencampurkan banyak pengaruh musik (mulai dari akustik, elektronik, hingga rock sekalipun) ke dalam genre hip hop dan R&B sebagai "bahan dasar" lagu-lagu ciptaannya, dan ia selalu berhasil "meramunya" dengan sempurna. Mungkin perbendaharaan musiknya yang kaya itu pulalah yang bikin lagu ciptaan GD sangat bervariasi, bisa terdengar sangat beda antara satu lagu dengan lagu-lagu lainnya, meskipun benang GD BIGBANG tetep berasa. Nah, kalo ngomongin soal style dan fashion seorang GD, dijamin ga bakal ada abisnya deh. Bak bunglon, GD bisa gonta-ganti gaya dan warna rambut juga style fashion sesukanya tapi tetep terlihat unik dan sophisticated menurut saya. Ya, GD knows how to explore his ability on making music, and mix it with his unpredictable style, yang akhirnya juga menjadikannya fashion icon di negaranya, bahkan hingga merambah ke mana-mana. For me..he’s a genius!!! A bloody genius!!!  

BIGBANG punya T.O.P (a.k.a. Tabi) yang sangat-sangat kharismatik. Ngomongin soal suara, with his rough and raspy voice on singing and rapping, T.O.P  membawa warna tersendiri bagi BIGBANG. Cowok yang punya nama asli Choi Seung-hyun ini mengusung heavy rap dan mengaku banyak mendapat pengaruh dari rapper Notorious B.I.G. dan Kanye West. I really really loooooooove his raspy voice. Di lagu-lagu yang upbeat macem "Tonight", "Still Alive", dan "Fantastic Baby", or even lagu middle/down tempo macem "Bad Boy", "Blue", "Monster", atau "Ego", his charismatic voice always STANDS OUT!!! Untuk urusan musik, T.O.P juga punya banyak kontribusi dalam menciptakan lagu-lagu yang dibawain BIGBANG. Udah lusinan lagu yang liriknya ditulis T.O.P berkolaborasi dengan GD. Konon, di antara sederet lagu-lagu itu, "Bad Boy" dan "Act Like Nothing's Wrong" jadi lirik gubahan T.O.P yang isinya paling "curhat". Bersama GD, T.O.P juga meluncurkan album solo kolaborasinya yang juga sukses di pasaran. Ngomongin soal style, T.O.P pun punya gaya yang ga kalah eksentrik dengan GD. T.O.P juga sering banget gonta-ganti tema kostum dan warna rambut (I love his green hair the most by the way), but somehow it always looks good on him. Mungkin karena pembawaannya yang emang udah penuh kharisma *halah*, jadi kostum gaya apa pun yang dia pake, warna apa pun yang diaplikasiin di rambutnya, keliatannya ya tetep keren aja. Di balik itu semua, T.O.P juga punya bakat akting yang layak diperhitungkan. Saya sempat melihat aksinya di serial action Korea Selatan "IRIS". Di serial yang disebut-sebut menjadi serial televisi dengan biaya produksi tertinggi itu, T.O.P meranin seorang pembunuh misterius bernama Vick. Dengan suara rough and raspy-nya, pembawaannya yang cold blooded, menggenggam senjata api ke mana-mana, plus adegan tembak-tembakan di sana-sini, aksi T.O.P di serial ini cukup sukses dan banyak menuai pujian.

BIGBANG juga punya Taeyang (a.k.a. Sol). Ngomongin soal suara, cowok bernama asli Dong Young-bae ini punya suara oke dengan warna R&B yang kentel banget. Hal ini juga tentunya menambah warna bagi BIGBANG. For me, he's like the Asian Usher or Chris Brown.  Warna suaranya, cara menyanyinya, improvisasinya dalam bernyanyi, menjadikan part Taeyang di semua lagu-lagu BIGBANG jadi part yang sangat sangat terasa R&B.  Ngomongin soal aksi panggung, he's definitely a dancing machine. Di antara personel BIGBANG lainnya, Taeyang inilah yang punya dance moves luar biasa. Park Jin-young  (a.k.a. JYP) sebagai pendiri JYP Entertainment (yang menaungi 2PM, 2AM, Miss A, etc.) yang notabene merupakan "pesaing" YG Entertainment (manajemen artis yang menaungi BIGBANG) bahkan terang-terangan mengakui dancing skill seorang Taeyang. He dances like crazy. Bahkan di salah satu episode Go Show (talkshow Korea Selatan yang saya tonton via Youtube), Taeyang juga ga segan memamerkan beberapa dance movesnya. Go Hyun-jung sebage hostnya sampe belingsatan. Coz his moves was really HOT. SUPERHOT. Ngomongin soal skill bermusik, di tahun 2010, Taeyang juga sukses mengeksplorasi warna R&B yang dia miliki ke album solonya yang berjudul "Solar". Taeyang juga berkontribusi sebagai komposer dan menulis lirik dalam beberapa lagu di album tersebut. Yang membanggakan, Taeyang menjadi penyanyi Asia pertama yang albumnya berhasil menduduki posisi kedua di Amerika Serikat dan pertama di Canada pada iTunes Top R&B-Soul Album. Another WOW from me. 

BIGBANG punya Daesung (a.k.a. D-Lite). Cowok bernama asli Kang Dae-sung ini juga punya suara brilian menurut saya. His soulful voice is mesmerizing. Dengan ciri khas suara serak serak basah *halah* dengan timbrenya yang juga tebal, dan kontrol vokal yang juga luar biasa, Daesung selalu berhasil memberi sentuhan sempurna dalam setiap lagu BIGBANG, baik itu yang upbeat, apalagi yang down tempo. Indeed..he nailed all of it. Daesung memang belum berkesempatan untuk meluncurkan album solonya seperti personel BIGBANG yang lain. But with his skill, saya yakin sambutan untuk album solonya yang mungkin bakal dia bikin juga ga bakal kalah dengan respons pada album solo BIGBANG members lainnya. Seenggaknya, dengan berhasil menyanyikan beberapa lagu solo di album BIGBANG seperti "Try Smiling", "Cotton Candy", dan yang teranyar "Wings" (yang juga enak banget di kuping), Daesung membuktikan bahwa kualitas suaranya sangat layak diperhitungkan. Seperti halnya T.O.P, Daesung juga memiliki bakat di  bidang akting dan MC (plus komedian juga). Dia sempat bermain di drama musikal dan drama televisi, juga didaulat sebagai member tetap "Family Outing", suatu acara reality-variety show televisi yang cukup sukses di negeri ginseng sana. 

Last but not least, BIGBANG juga punya Seungri (a.k.a. V.I). Ngomongin soal suara, maknae alias member termuda di BIGBANG ini juga memiliki suara dengan tone yang unik. Suaranya bindeng-bindeng seksi gimana gitu..ehehe.. :P Menurut saya, pop part or ballad part di lagu-lagu BIGBANG, udah paling pas dilahap Seungri plus Daesung dengan tone uniknya masing-masing. Setelah sukses menyanyikan lagu solo yang berlirik nakal berjudul "Strong Baby" bersama GD, cowok bernama asli Lee Seung-hyun ini juga berhasil mengeksplorasi skill bernyanyi dan bermusiknya di mini album "VVIP" yang diluncurin 2011 lalu. Ya, hampir semua lagu di album ini digarap dan ditulis sendiri oleh Seungri. Dua di antaranya, "VVIP" yang berlatar musik megah, dan "I Know" yang bergenre sweet pop ballad dan dinyanyikan bersama solois cewek bersuara superbening IU, jadi dua lagu favorit saya di  mini album ini. Seperti halnya T.O.P dan Daesung, Seungri juga berbakat di bidang akting. Seungri sempat bermain dalam beberapa judul film dan serial televisi, bahkan berakting bersama T.O.P dalam serial berjudul "Nineteen" yang merupakan proyek kerja sama antara TV Jepang dan Korea Selatan. Kalo ngomongin soal penampilan, Seungri bisa dibilang yang paling dandy di antara member BIGBANG lain. Ga terlalu banyak eksperimen yang dilakukan Seungri dalam hal penampilan. But he always looks cute and hot at the same time anyway.. ;) Satu hal yang menurut saya amazing, di luar kegiatannya sebagai member BIGBANG, Seungri sukses mendirikan "Seungri Academy" yang mengembangkan dan menyalurkan bakat-bakat anak muda Korea Selatan. Usut punya usut, seperti yang juga diakui member BIGBANG di "Go Show", Seungri memang member yang paling passionate dalam hal berbisnis. Indeed, he's a 21 years old musician and businessman... ;)

Yup..that's what i said "something" about BIGBANG, the "X factor" that keeps them "alive" in Asian music industry and even going worldwide. Terlepas dari skandal yang sempat mendera para membernya (bisa mangkin panjang dan OOT kalo dibahas di mari juga :P), BIGBANG tetap bertahan dengan nama besarnya. Yes, they're on their world tour now. Setelah menjajal Asia di bulan Oktober, November nanti BIGBANG bersiap menggebrak beberapa kota di Amerika Serikat dan Eropa. One word: AWESOME.. :) Aaaaah..how proud I am to be one of the VIPs. Now I'm looking forward for another brilliant inovation of BIGBANG's music, and looking forward to see their next concert here in Indonesia, for sure.. ;) Semoga nanti saya udah gak lagi kejerat sama kepentingan-kepentingan lainnya (yang "maksa" saya buat "ngalah" :P)..so I could really make it!! AMIINN!! Haha.. :D

Segitu dulu aja postingan tribute to BIGBANG dari saya. Last but not least, good music and hotties come from anywhere in the world. So please, stop being judgemental here!!! Adiooooossss... :)



peace & love


@cy

Komentar