My Top 5 Favourite (Black) Actors

Setelah baca tweetnya Dwi beberapa hari yang lalu (dan akhirnya juga berlanjut ke Alkeira Journal), ngebahas tentang aktor-aktor kulit hitam favoritnya, sebagai seorang movie lover, ko saya jadi tertarik untuk ngulas versi saya juga ya..hehehe.. :D Rasanya memang tidak sulit menentukan lima aktor mutiara hitam pilihan, dengan tentunya akting yang tidak lagi diragukan, di tengah dominasi aktor berkulit putih di industri perfilman Hollywood saat ini. Tapi..seperti halnya yang dibilang Dwi, postingan ini juga dibikin tanpa bermaksud rasis sama sekali loh. Saya sebatas ingin memberi apresiasi kepada para aktor yang memang kualitas aktingnya memukau menurut saya, khususnya dalam beberapa film mereka yang saya tonton.. :)

Baiklah...kita mulai saja kalo begitu...

1. Morgan Freeman

Aktor berusia 75 tahun ini memang kharismatik banget ya.Segala macem karakter bisa dia peranin dengan sangat baik mengingat pengalaman beraktingnya yang luar biasa, apalagi didukung dengan wajah dan suaranya yang berwibawa. You name it!!! Sebagai detektif di film "Se7en" bareng Brad Pitt, sebagai pimpinan kelompok pembunuh di film "Wanted" bersama James McAvoy, sebagai Nelson Mandela di film "Invictus" bareng Matt Damon, sebagai Presiden AS di "Deep Impact", even sebagai "Tuhan" di "Bruce Almighty" bareng Jim Carrey, semua karakter itu dia perankan dengan brilian. Bahkan berkat akting jeniusnya itu, ia pun mendulang Oscar sebagai Aktor Pendukung Terbaik dalam "Million Dollar Baby", di ajang Academy Awards 2005 lalu. Karena rekam jejaknya di dunia akting, aktor ini juga konon jadi salah satu yang paling disegani di Hollywood sana. Jelas laaaah..apalagi di usianya yang udah sepuh begitu, kepiawaiannya dalam berakting masih terus saja dia buktikan dalam film-film terbarunya. Selain fakta itu semua, saya juga jatuh hati pada pembawaannya yang bersahaja. Hal itu pula yang kadang jadi jaminan tersendiri buat saya, dalam menonton film-film yang ia perankan. Biarpun sempat diisukan meninggal dunia beberapa waktu lalu..kharisma aktor gaek satu ini mah gak ada matinya lah. Thumbs up pokonya!!!

2. Denzel Washington

Ngomongin soal aktor kulit hitam dengan akting jempolan, tentunya kurang afdol kalo ga nyebut nama aktor satu ini. Ya, Denzel Washington. Banyak juga deretan film yang terbilang sukses karena keberhasilannya memerankan sang tokoh utama. Sebut saja "The Bone Collector", "Training Day", "Inside Man", "Deja Vu", "Unstoppable", dan yang baru-baru ini beredar, "Safe House". Sebagai aktor, Denzel memang punya segalanya. Kharisma, kepiawaian berakting, dan penampilannya yang berwibawa. Tampaknya hal itu juga yang membuahkan keberhasilan baginya dalam memerankan aktivis hak asasi manusia, Malcom X, dalam film berjudul sama, yang membuahkan pujian dari para kritikus film. Melalui "Training Day", pria kelahiran 28 Desember 1954 ini juga menjadi aktor berkulit hitam kedua setelah Sidney Poitier, yang berhasil meraih Piala Oscar untuk kategori "Aktor Terbaik". In my oppinion, Denzel memang paling cocok banget meranin sosok polisi atau detektif, seperti halnya dalam "The Bone Collector" dan "Training Day", atau seperti dalam "Inside Man" sebagai agen FBI. Tapi, dalam peran yang berbeda seperti "Unstoppable" sebagai seorang konduktor lokomotif veteran, dan dalam "Safe House" sebagai buronan internasional, aktingnya tetap gak kalah memukau. Saya juga suka banget dengan split karakter yang dia lakukan dalam "Safe House", yang semakin mengukuhkan lelaki satu ini dalam jajaran aktor favorit saya. *caelah* :D

3. Will Smith   


He's definitely got the "it" factor!!! Gimana engga, bisa sukses di dunia hiburan dalam tiga bidang sekaligus yakni film, televisi, dan musik, tentu bukanlah hal yang mudah tanpa si "it" factor tadi. Meski mengawali kariernya di dunia musik sebagai seorang penyanyi rap, nama Willis justru semakin meroket setelah berperan dalam komedi situasi televisi yakni "The Fresh Prince of Bel-Air" pada tahun 1990-an. Namun, dalam karier beraktingnya, tak hanya genre komedi yang ia "lahap". Sederet peran dalam film action, drama, hingga science fiction, dan film biografi pun pernah ia taklukkan. Sebut saja "Bad Boy" film bergenre action (yang berbumbu komedi), lalu "Independece Day" dan "I Am Legend" yang bergenre science fiction, "Enemy of the State" yang bergenre thriller, "Hancock" yang bergenre action comedy superhero, "Hitch" yang bergenre drama comedy, hingga "Ali" dan "Pursuit of Happyness" yang bergenre drama biografi (the last one I mentioned is my very favourite!!!). Kesuksesan film-film berlainan genre tersebut di pasaran, seakan kian membuktikan bahwa aktor satu ini juga piawai berakting dalam genre dan karakter yang berbeda-beda pula. Saya pribadi suka akting memukaunya di film bergenre drama seperti "Seven Pounds" dan "Pursuit of Happyness", yang juga berbuah nominasi dari ajang Academy Awards (Oscar) dan Golden Globe sebagai Best Actor. Tapi untuk film bergenre lain yang berbumbu komedi seperti "Bad Boy", "Man In Black", dan "Hitch", saya rasa juga memang Will Smith banget!! Nah loh..bingung kan?? Hahaha.. :D Well..that's what I mean the "it" factor... ;)

4. Michael Clarke Duncan

I love this smiling man!!! Meskipun mungkin film Michael Clarke Duncan yang udah saya tonton ga sebanyak aktor-aktor di atas tadi, tapi dalam sedikit filmnya yang saya tonton itu, aktingnya ngena banget di hati saya. Saya "jatuh cinta" pertama kali pada aktingnya dalam film "The Green Mile", di mana ia berperan sebagai John Coffey, tahanan hukuman mati, yang karena suatu kesalahpahaman dituduh membunuh dua anak kecil. Basically, Coffey adalah pria "raksasa" penyayang, baik hati, sekaligus penakut, yang juga memiliki kekuatan "supernatural". Perjalanan hari demi hari Coffey di penjara menuju eksekusi mati dalam film tersebut, sungguh mengharukan. Didukung cerita filmnya yang memang sangat bagus dan mengalun, kepiawaian Duncan membawakan karakter seorang pesakitan yang penakut pun berhasil bikin saya bercucuran air mata di akhir filmnya, dan meninggalkan kesan mendalam bagi saya. Indeed..his character on that movie..really moves me.  Itulah kenapa ketika akhirnya menonton "Armageddon", "The Whole Nine Yards", "Planet of the Apes", hingga "Daredevil" yang juga diperankan oleh Duncan (meskipun dalam karakter yang berbeda-beda), aktingnya menjadi satu poin yang paling saya nantikan. Sayang, aksi pria "raksasa" ini dalam film-film berikutnya tak akan lagi terlihat. Aktor watak berusia 54 tahun ini meninggal dunia 3 September lalu akibat serangan jantung. Rest in peace, Mr. Duncan... :(

5. Djimon Hounsou 


Seperti halnya Michael Clarke Duncan, tak banyak juga film Djimon Hounsou yang saya tonton. Tapi dari sedikit saja filmnya yang saya lihat, saya berani bilang bahwa aktingnya memang jempolan. Hal itu pun seakan ia buktikan dengan raihan nominasi Academy Awards sebagai Best Supporting Actor dalam film "In America" dan "Blood Diamond" for sure. Seingat saya, hanya dalam dua film itu saya benar-benar menikmati aksi dari mantan kekasih Kimora Lee Simons ini. Tapi, selebihnya seperti di "Gladiator", "Tomb Raider", dan "Eragon", Hounsou pun tetap tampil baik meski scenenya enggak sebanyak kedua film tadi. Saya sangat sangat sangat suka akting Hounsou sebagai Solomon Vandy dalam film "Blood Diamond". Begitu tau bahwa aktor ini akan berperan dengan Leonardo DiCaprio (yang juga salah satu favorit saya) dalam film tersebut, ekspektasi saya bener-bener tinggi, dan Hounsou berhasil menjawabnya dengan akting yang luar biasa. Berperan sebagai seorang ayah yang ingin menyelamatkan sang anak yang disandera tentara pemberontak dan didik menjadi "tentara cilik" di perang sipil Sierra Leonne, menurut saya, dengan kualitas aktingnya, Hounsou sebenarnya layak mendapatkan Piala Oscar sebagai Best Supporting Actor kala itu. Ia berakting penuh penjiwaan dengan karakter Solomon Vandy yang begitu kuat, ditambah dengan logat Afrika yang sangat kental. Saking "dapet" penjiwaan karakternya, saya sampai melihat Hounsou sebagai penduduk lokal Sierra Leonne yang didapuk menjadi aktor pendukung film tersebut, bukan aktor dengan sederet judul film yang pernah diperankan, apalagi dengan background model pakaian dalam Calvin Klein.. :P (ko bisa-bisanya nyerempet ke situ ya..hahaha.. :D)

Ya, itulah dia lima aktor berkulit hitam favorit saya.. :) Tentunya banyak aktor kulit hitam lainnya yang tak kalah hebat dan jempolan aktingnya ya. Sebut saja Samuel L Jackson ("Star Wars", "Jumper", "Iron Man" etc.), Terrence Howard ("The Brave One", "Awake", "The Ledge", etc.) , Don Cheadle ("Swordfish", "Hotel Rwanda",  "Iron Man 2", etc.), Cuba Goding Jr. ("Jerry Maguire", "Man of Honour", "Pearl Harbor" etc.) dan sedeeeeeret nama lain yang layak mendapat pujian.

Different taste, different point of view, different list. Seperti halnya saya yang setuju banget dengan pilihan nomor 1-3 versi Dwi, tetapi memiliki pilihan berbeda di dua nomor setelahnya, semuanya hanya soal selera. Naaah..kalo begitu, bagaimana dengan versi kamu? :)


peace & love


@cy

Komentar

Anonim mengatakan…
good job, hihihi ane like tulisannya yak :D
Astri Kurnia mengatakan…
Auuuuw..thank you.. :) Thank you for brought out the idea too.. :D
balaseda mengatakan…
Tulisan menarik...
jangan lupakan pula Dennis Haysbert...:)
Unknown mengatakan…
Aktornya maco2 dan kekar2. Gak kya di Indonesia aktornya kbnyakan romantisan tw kaga ngelawak doank