Tumis Jamur Tiram

Yuhhuuuu..label baruuu.. :D Hihihi..macem bakal rajin blogging aja yah saya iniiih.. :P Yah namanya juga usaha ngeksis *halah*..apa aja yang bisa dishare, di post di sini, yuuuk mari bikin labelnya biar makin semanget ngisinya.. ;)
Di label simple cooking kali ini saya pengen posting resep tumis tersimple favorit saya dan suami. We both love jamur..especially jamur tiram. Dodo sebenernya lebih suka lagi kalo jamur tiram itu dibikin crispy. Dipakein tepung bumbu, terus digoreng kering, cocol sambel botol selagi hangat dan krenyess..dan kresssss..masuk mulut..mantaaap.. *slurp* *lap iler* *inget puasa* :P Tapi niih..berhubung puasa-puasa begini khususnya sahur itu enaknya makan menu yang aga-aga berkuah..jadilah si jamur ini saya olah tumis aja dengan diberi sedikit kuah. Biar ga seret gitu maksudnya.. :)
Bahan-bahannya sendiri soooo very simple. Gausah jauh-jauh ke pasar laah. Cukup beli bahannya di warung deket rumah yang jual sayuran, atau beli dari tukang sayur yang biasa kelilingan..semuanya pasti bisa didapet di sana. So..here it is.. :)


Bahan-bahan:

  • 200 gr jamur tiram
  • 1 buah jagung manis, pipil
  • 4 siung bawang merah, iris tipis
  • 2 siung bawang putih, keprak lalu cincang halus
  • 5 buah cabai merah, iris serong 
  • 1/2 bungkus bumbu racik tumis merek apa saja (saya pakai setengah karena sudah ada bawang merah dan bawang putih di antara bahan yang dipakai)
  • 5 sendok makan air
  • Merica secukupnya
  • Minyak goreng secukupnya

Cara membuat:


1. Panaskan minyak goreng
2. Masukkan bawang putih, bawang merah, dan cabai merah yang sudah diiris. Tumis hingga harum.



3. Setelah bawang dan cabai harum, masukkan jagung pipil. Tumis sebentar hingga tercampur rata.
4. Masukkan jamur tiram, aduk rata dengan bahan lainnya hingga agak layu.



5. Setelah bahan-bahan agak layu, masukkan merica dan setengah sachet bumbu racik (jangan masukkan semua, karena untuk 200 gr jamur atau sekitar 2 s.d. 3 porsi saja akan terlalu asin nantinya #beentheredonethat :P).
6. Masukkan air dan *garam (*bila perlu). Aduk rata hingga jamur matang.


Daaan..inilah dia hasilnya. Tumis jamur tiram ala ambu..siap disantaaap.. ;)




Meskipun menurut saya dan dodo tumis jamurnya enak.. :P tapi resep ini masih mungkin dimodifikasi ko biar sesuai sama selera lidah kita. Bisa ditambahin sedikit kecap kalo suka, saus tiram, atau ditambahin juga sedikit irisan daun bawang. Pokonya urusan bumbu mah kembali ke selera masing-masing, dan kembali juga ke stok bumbu yang tersedia di dapur..hehehe.. :D Okay then..segitu dulu aja bagi-bagi resep yang sungguh sangat sederhana dari saya. Selamat mencoba yaa.. ;)


peace & love


@cy

Komentar

Puti mengatakan…
teuteup ya hiasan jagong hehe
Astri Kurnia mengatakan…
Hahaha betuuulll... :D
Eve mengatakan…
Pingin cicipin niyy.. aku pernah bikin jamur, ga enak -_-" mungkin harusnya jgn terlalu lama ya masaknya. senjata acyw sama aku sama niyy.. biar ga repot berat pake si bumbu ituu tuuhh.. tinggal tabur.. hehehe..
Astri Kurnia mengatakan…
Hihihi..aku jg pernah gagal bikinnya Vy.. :D Jamurnya kelamaan jadinya benyek dan cepet asem dan basi. Belakangan aja masukin jamur tiramnya. Dan ya, bumbu instan satu itu membantu sekaliiii..mo sayur apa juga tinggal tabur aja..hihihi.. :P