Balada Emak-emak


Memasuki Juli, dengan semangat menulis yang kembang kempis kayak sekarang ini .. :D Sempet punya niat ngejadiin hari Jumat sebagai hari blogging buat saya pribadi (mengingat kerjaan di kantor yang jauh lebih santai di hari itu, yang memungkinkan saya "curhat" sebanyak apa pun saya mau lewat media ini :P), sayang..sejak niat itu saya bikin gak pernah juga kesampean. Padahal saya hampir selalu punya banyak cerita..tentang apaaa aja. Gak jarang, cerita-cerita itu cuma teronggok di draft blogspot karena biasanya pas nulis pas keganggu editan yang tentunya enggak bisa ditunda. Dan biasanya lagi, pas mo ngelanjutin blogging..saya malah kebingungan sendiri.. "oke, udah nyampe mana gue tadi?"..males lanjutin dah akhirnya..hahaha.. :D


Kalo selagi di rumah mah jangan harap saya bisa blogging lah ya. Kerjaan emak-emak aja udah cukup banyak dan cukup ngabisin sisa waktu yang saya punya di rumah sepulang kerja. Bayangin, hobi DVD maraton aja saya lakonin sambil nyetrika.. :D Udah jadi emak-emak begini mah, sayang rasanya kalo nonton sambil leha-leha sementara baju-baju kusut bertumpuk tak terjamah (kecuali kalo kerjaan rumah udah pada kelar ya..baru bisa santai-santai :D). For me, numpuk-numpuk kerjaan rumah tangga itu juga sama aja "bunuh diri". Gimana engga coba..belom lagi kelar merangin rasa males yang ekstra, kita juga harus ngeluarin tenaga ekstra untuk kerjaan yang makin bertumpuk akibat ditunda-tunda. Pheww..gak deh..gak-gak lagi.. :P 





Talking about kerjaan emak-emak..now, me myself realize how "cerewetan" Mamah semasa saya remaja dulu sungguh sangat berguna *halah*. Setelah sejak lahir terbiasa hidup dengan asisten ruma tangga, dan mamah kemudian mutusin untuk berhenti memakai jasanya waktu saya kelas II SMP, praktis, sebagai anak perempuan tertua, sayalah yang harus mulai bantu-bantu di rumah. Mamah beralasan, hal itu harus dilakukan untuk "ngedidik" anak-anak perempuannya. Demi tujuannya ini, Mamah pun harus rela melepas dua asisten rumah tangga yang udah bertaun-taun bekerja di rumah untuk hidup mandiri terpisah dari kami. Karena keduanya yang kebetulan kakak beradik ini gak mau pulang lagi ke kampungnya, Mamah pun nempatin mereka untuk ngisi lowongan di pabrik yang masih berada di bawah perusahaan tempat Mamah bekerja. 


Sepeninggal mereka, praktis di rumah pun cuma ada Bapak, Mamah, saya, dan Chacha adek saya (kakak saya sedari SMA udah ngekos, jadi ga ikut tinggal di rumah). Ya, masa transisi itulah yang dirasa berat buat saya (dan saya yakin buat Mamah juga). Saya yang semasa masih ada asisten rumah tangga terbiasa bangun agak siang, santai-santai, dan kadang nyempetin nonton TV sambil sarapan sebelum berangkat sekolah, pada masa transisi ini bener-bener dibikin kewalahan. Bangun lebih pagi (lebih subuh tepatnya), bantu Mamah ngerjain kerjaan rumah tangga sebelum sekolah, dan sepulangnya dikasih tanggung jawab masak nasi, masak air minum (dulu air galon belom terlalu happening :p), dan nyuci piring. Naaah..sorenya, sepulang kerja, giliran Mamah yang ngehandle urusan masak lauk pauk buat makan malem dan makan besok siangnya. Dan itu terjadi setiap hari sejak kami enggak lagi pake jasa asisten rumah tangga. Hmmmh..hectic memang... :P 




Namanya belum terbiasa, waktu itu kadang saya juga ada aja misleuk dan malesnya (sering kali ya :P). Mamah juga mungkin udah capek harus terus-terusan cerewetin saya.. (adik saya masih kelas II SD waktu itu, jadi gak dibebanin bantu-bantu kerjaan rumah seberat saya). Tapi Mamah selalu ngingetin saya bahwa semua pekerjaan rumah tangga itu, suka enggak suka, mau enggak mau, harus saya lakukan sendiri untuk suami dan anak-anak saya nanti. Anggap aja ini latihan, katanya. Mamah juga bilang, dengan nguasain pekerjaan-pekerjaan itu sebelum saya berumah tangga, saya nanti gak bakal terlalu kaget ngelakuin semuanya karena udah terbiasa. Dan kalau nanti saya pake jasa asisten rumah tangga pun, saya ga akan terlalu ketergantungan jadinya. Yah, namanya asisten rumah tangga juga ada kalanya mudik ato pulang kampung untuk urusan pribadi mereka, bukan? Lagi pula, dari mana kita tau kerjaan asisten rumah tangga itu udah rapi apa belum, bener apa salah, kalo kita sendiri ga ngerti, karena ga terbiasa ngelakuin sendiri? Bener ga? ;)


Well..at least that's what my Mommy said.. :) Kalopun dulu saya suka bantah atau males-malesan nanggepin "cerewetannya" (so sorry Mom), sekarang saya completely agree sama apa yang Mamah bilang. And now, I should even thank her for teaching how to do the housekeeping thingy since I was a teenager. Thanks Mom.. :)


Ya, seperti yang pernah saya sebut di postingan sebelumnya, baru sekarang semua bener-bener terasa. Nasihat dan "cerewetan" Mamah, apa yang diajarkannya kepada saya, melihatnya juggling tugas-tugas kantor plus kerjaan rumah tangga, plus mengurus suami dan anak, serta merasakan sendiri apa yang dia lakukan untuk kami selama ini, sekarang benar-benar terasa. Saya tidak mungkin seperti sekarang kalo enggak "dicerewetin" Mamah. Kalo saya enggak "dicerewetin" Mamah juga, rumah yang saya dan suami tinggali sekarang mungkin akan jadi rumah yang superberantakan, dengan baju kusut dan cucian piring bertumpuk di mana-mana, dan lantai kotor dan berdebu karena saya yang enggak terbiasa melakukan itu sebelumnya. Belum lagi urusan makan sehari-hari yang mostly dimasak sendiri. Apa kabar semua itu kalo saya gak diajarin sedari dulu? :D


Beruntung, saya pun punya partner hidup (baca: suami) yang luar biasa helpful. Dodo enggak sungkan nyapu dan ngepel lantai seluruh bagian rumah sementara saya masak di dapur, beresin tempat tidur selagi saya nyuci baju, atau masak apa pun selagi saya ga ada di rumah, atau belum sempet nyiapin apa-apa selain nasi sebelum berangkat ngantor. Well..he's supergood at cooking actually..and sometimes I take advantage of him at this point..hihihi... :P 


**
Dan semalem Mamah berkunjung ke rumah, di saat saya sendirian ditinggal Dodo kerja malem. Setelah sempet nyapu dan nyuci piring sebelumnya, saya lanjut nyuci baju sampe akhirnya Mamah dateng.. (well..nyuci manual tepatnya..karena si mesin cuci belom juga kebeli.. :P) Ngeliat tangan saya belepotan sabun, baju dan celana basah kena ciprat air kucekan, Mamah senyam-senyum dan ngeledek saya. "Kamu bener bisa nyuci baju pake tangan Ti?" Oooh..come on Mom...you teach me how to do it loooong loooooong time a go. But somehow I still could do it very well..and I thank you for that..so very much.. :* (tapi tetep doain cepet kebeli mesin cuci juga ya Maaaah..tangan mulai kasar niiih..hahaha.. #manja :D)



peace & love

@cy

Komentar