Saya vs Olah Raga


SAYA bukan termasuk orang yang rutin berolah raga. Memang sih, setiap minggu pagi saya pergi ke Lapangan Brigif Kujang Cimahi buat ngikut senam massal yang lumayan menguras keringat. Tapi menurut saya itu enggak masuk hitungan..apalagi setelah senam itu saya langsung hunting sarapan enak dan mengenyangkan. Udah kayak percuma aja kan itu olah raga dan buang-buang keringetnya..hahaha... :D

Kalo yang lain mungkin banyak yang bener-bener rutin berolah raga ya. Ada yang jogging keliling kompleks setiap pagi, fitness, aerobik, atau yoga dua kali seminggu, berenang atau badminton sekali seminggu, dan banyak lagi pilihan olahraga lainnya. Saya juga pernah ngerasain masa-masa itu. Dulu, pilihan olah raga rutin saya jatuh pada fitness. Dengan fitness setiap hari di dua minggu pertama, lalu dilanjutkan tiga kali seminggu di minggu-minggu berikutnya, hasilnya lumayan berasa.Otot-otot berasa kenceng, lengan dan paha juga enggak terlalu kendor, perut juga agak rata..(saya bilang agak karena sisa-sisa buncit waktu itu masih cukup keliatan jelas di sana :p) dan badan juga fresh aja rasanya. Tapi karena jadwal kerja yang mulai amburadul, meeting ini itu yang sering bikin telat pulang dalam kondisi kecapean, apalagi tanggung jawab yang bertambah setelah menikah, saya jadi keabisan waktu buat fitness secara rutin kayak dulu.. :(

Selain senam dan fitness, saya juga sebenernya suka berenang, badminton, dan voli. Well..dari pilihan olah raga tadi, kayaknya udah jelas ya kalo saya enggak suka olah raga yang terlalu banyak berlari seperti basket atau sofbol misalnya. Untuk ngeshootnya aja boleh lah, tapi kalo pake acara lari-lari ke sana ke mari ngejar bola, enggak dah..mending saya nyerah. Bisa dehidrasi saya dibikin kebanyakan lari-lari. Apalagi saya juga punya sedikit keluhan yang cukup mengganggu. Kalo kodisi tubuh saya udah terlalu lelah dan produksi keringat terlalu banyak karena olah raga, seluruh permukaan kulit saya bisa memerah bak udang rebus. Ini serius. Warna kulit saya nanti bisa sama dengan setengah jam sampe sejam saunaan. Merah semerah-merahnya, bahkan saking merahnya jadi tampak menghitam.

Ini sebenernya sangat mengganggu saya. Apalagi kalo sehabis olah raga itu saya harus ngelanjutin aktivitas, untuk ngantor misalnya. Enggak enak diliat banget lah ya kalo ngantor dengan kondisi kulit muka kemerahan kayak abis saunaan begitu. Bedakan pun percuma aja. Lha wong merahnya muka itu karena naiknya suhu tubuh yang kendalinya jelas-jelas ada di dalem tubuh kita.Kondisi ini juga bikin saya kadang males berlama-lama olah raga. Saya pun sering memutuskan berhenti exercising, sebelum si muka terlalu "matang"..saking malesnya memulihkan kembali kondisi dan warna kulit yang sering kali memakan waktu cukup lama sebelum tampak kembali normal, yang kadang bisa sampe berjam-jam.


Dan keluhan itu pun terpaksa kembali saya alami beberapa minggu terakhir. Saya yang menjadi atlet voli dadakan untuk mewakili tim Redaksi, harus menjalani sesi latihan rutin yang cukup melelahkan. Latihan rutinnya pun gak cuma soal teknik voli, tapi juga meliputi latihan fisik yang mengharuskan saya berlari-lari dan memukul bola berkali-kali. Capek pasti, permukaan kulit terutama wajah juga udah bener-bener dibikin kemerahan setelahnya. And guess what..selesai sesi latihan itu saya harus lanjut ngantor lagi dengan kondisi muka bak udang rebus. Alhasil, enggak cuma satu dua orang yang komentar.. "Mukanya merah amat Cy!!". Dan inilah after effect yang bikin saya males berolah raga terlalu lama... :(

Saya udah coba tanya dokter kulit soal keluhan saya ini. Dokter pun bilang bahwa kulit saya sangat sensitif. Memang sih, kulit saya lumayan rewel. Untungnya bukan rewel dengan keluhan jerawatan dan lain-lain, tapi tentang warna kemerahan yang gampang banget kulit saya alamin. Jangankan berolah raga yang jelas-jelas menaikkan suhu tubuh, sedikit terpapar sinar matahari aja warna kulit wajah saya bisa berubah bener-bener merah. Begitu juga kalo salah pilih pelembap. Selain memerah, kulit muka saya bisa jadi perih-perih rasanya.

Dari beberapa sumber juga saya baca bahwa keluhan semacam ini wajar terjadi pada mereka yang berkulit sensitif. Hal ini disebabkan karena pembuluh darah/kapiler kita bekerja aktif saat panas seperti halnya juga saat berolah raga. Dan pada sebagian orang yang letak kapilernya lebih dekat dengan permukaan kulit, peningkatan suhu tubuh dan aliran darah yang mengalir lancar setelah kita berolah raga itu berefek pada permukaan kulit yang menjadi merona, bahkan sangat merah. Itulah kenapa saat pembuluh melebar, kapilernya dapat terlihat dengan jelas dalam warna kemerahan akibat peningkatan suhu tubuh tadi. Sekali-kali coba deh Anda yang berjenis kulit ini raba pipi Anda saat berwarna kemerahan, terasa panas kan? Itu artinya tubuh kita sedang berusaha membuang panas ke lingkungan, setelah pori-pori kulit terbuka dan keringat dikeluarkan.

So, Anda yang mengalami keluhan serupa dengan saya ga usah khawatir ya. Kondisi kulit seperti itu ternyata masih tergolong normal ko'. Yang membedakan hanya tingkat sensitivitas kulit yang dimiliki masing-masing orang yang tentunya berbeda-beda. Dan itu pun bukanlah penyakit ataupun kelainan, tapi hanya masalah toleransi tubuh terhadap suatu rangsangan yang berbeda antara satu individu dengan individu lainnya.


Afterall..masih malaskah saya berolah raga? Terutama merutinkan olah raga atas nama kesehatan (bukan semata-mata demi perbaikan bentuk badan yang sekarang semakin enggak jelas ini :P)? Terus terang, selepas pertandingan voli antarbagian di kantor yang mengantarkan tim Redaksi menjadi juara III kemarin *mbbangga* :P saya jadi semanget lagi. Malah rencananya kami mau merutinkan olah rga ini, enggak cuma menjelang pertandingan antarbagian yang diselenggarakan tahunan aja. Saya ngerasa udah nemu lagi asiknya berolah raga dan membiasakan diri dengan badan yang pegal-pegal pascalatihan nih. Soal muka merah bak udang rebus setelahnya..pasrah aja lah yaaa..yang penting badan sehaaaattt..hehehe... ;)

Sumber: Yahoo!


peace & love


@cy

    Komentar