I Declare My Sis as My New Personal Makeup Artist .. :D


Hari besar kayak pernikahan itu emang mostly bikin rempong yah pemirsah *halah*. Setelah ngejalanin sendiri rempongnya persiapan pernikahan saya sekitar setaun yang lalu, 8 Maret kemarin saya lagi-lagi ngalamin lagi kerempongan itu, meski cuman nyicip sebagian kecilnya aja. Ya, Dinna, sahabat saya sejak SMP, akhirnya menikah juga.. :)

Saya yang udah booking libur di tanggal itu sejak jauh-jauh hari, tentu berencana untuk menemani Dinna di hari bahagianya sejak persiapan akad nikah sampai menjelang resepsi selesai. Seperti halnya Dinna yang nginep di rumah saya semalam sebelum saya menikah, saya pun sebenernya punya maksud untuk ngelakuin hal yang sama. Tapi karena hujan yang gak mau berenti sehari sebelum hari H, dan Dinna yang sibuk wara-wiri ngontrol dekorasi gedung di hari itu, rencana nginep dan ngabisin sisa masa lajangnya sama-sama itu pun harus batal.. :(

Kalo semua berjalan sesuai rencana, saya tadinya bakal didandani juru rias yang khusus disediain Dinna untuk keluarga besarnya. Tapi karena rencana nginep itu batal, saya pun ngedadak harus nyari juru rias untuk ngedandanin saya besok paginya, karena bakal ribet banget kalo saya harus ke rumah Dinna subuh banget untuk didandanin perias keluarga Dinna yang kebetulan masih kakak sepupu saya. Sayangnya, karena sempitnya waktu, dan hujan yang enggak mau berenti sejak sore sepulang saya kerja sampe malem itu, saya jadi supermales keluar rumah buat booking salon yang bersedia buka pagi buta buat ngedandanin saya. Maklum, untuk booking beginian by phone aja tak pernah cukup..duit tanda jadi kudu selalu masuk kantong si perias sehari sebelum hari H..biar semanget bangun subuh dianya... :P

Alhasil, dalam kondisi kepepet, saya pun minta bantuan Chacha untuk jadi makeup artist saya *caelah* Tadinya saya agak ragu. Karena selain makeup, saya juga mikirin hairdonya lah. Masa iya kebayaan, trus full makeup, tapi rambutnya cuma ekor kuda.. :P Dan saking kepepetnya, apalagi Chachanya pun berasa ditantangin dengan request saya, bermodalkan hairstyler set untuk hairdo, dan peralatan makeup koleksi pribadi *halah* untuk riasannya, kami pun tes makeup malem itu juga, di saat hujan deres banget di luar rumah.

Hair styler set, kado ultah dari Si Abah semasa pacaran, yang juga turut berjasa.. :D

Apa yang Chacha pakein di muka saya. Kecuali eye shadow yang akhirnya pake punya Mama karena enggak nemu yang matching sama kebayanya.. :P

Untuk nikahan keluarga atau sahabat dekat kayak gini biasanya saya memang lebih sering mercayain urusan dandan dan tata rambut ke ahlinya. Yaaaa simpelnya..kita tinggal duduk manis, bilang riasan dan hairdo kayak apa yang kita mau, nuansa warna apa, terus tinggal tunggu satu sampe satu setengah jam udah beres, bayar, abis itu tinggal kebayaan dan siap berangkat. Sounds so genit sih ya, tapi saya memang terbilang banci *halah* kalo urusan kondangan, apalagi yang menggelar acara adalah keluarga atau sahabat dekat.. :)

Well..since my sizzy works at a bank, dan hari-harinya sudah terbiasa dengan makeup dan touchup, untuk occasion kayak gini tentu sentuhan makeup dan hairdo untuk saya tetep kudu lain dari hari-hari biasanya dong ya..*kedip genit* :P Apalagi untuk urusan dandan ke kantor sehari-hari, saya pun kebilang agak rempong. Minimal bedak, lipstik nude, eyeliner, dan maskara, atau tambahan sedikit blush on dan eyeshadow berwarna soft..(itu pun kalo mood lagi bagus dan gak keburu-buru waktu.. :P) Nah..dengan pembawaan saya sehari-hari seperti itu, underpressurelah si Chacha yang saya tantangin bikin saya tampil beda. Oh my..betapa ribetnya si bridesmaid yang satu ini ya..hahaha.. :D  

But surprisingly she did amazing. At least saya sendiri ngerasa puas sama hasilnya. Nggak jauh beda lah sama hasil riasan salon deket rumah yang biasanya jadi langganan saya untuk urusan riasan dan hairdo kondangan. Malah kboleh saya bilang, hasil kerja Chacha justru lebih natural (baca: enggak medok :P) dan rapi. Bahkan untuk urusan pasang bulu mata palsu yang kebilang syulit pun, Chacha bener-bener telaten sampe hasilnya tampak begitu menyatu dengan bulu mata asli saya. Empat jempol buat Chachaaa... ;)   

Foto sepulang kerja, setelah cuci muka, sebelum tes makeup..*caelah* :D

Tes makeup. Not bad Chaa.. :P

Now The Bridesmaid is ready. Dengan riasan natural yang (menurut saya) tetep manglingi *halah* dan rambut curly plus sedikit sasak di bagian atas, me likey.. :)

Tadinya saya berpikir pergi ke salon sebelum kondangan itu suatu pilihan yang wajar. Apalagi untuk pertimbangan momen istimewa yang ga setiap hari terjadi dan merupakan hari bahagia keluarga atau orang-orang terdekat saya. Tapi niiih..since I found that my Sizzy could help me, apalagi hasilnya pun gak jauh beda dengan hasil kerja salon langganan, kayaknya ke depannya nanti saya prefer pake jasa Chacha aja lah yaa.. ;) Itung-itung memaksimalkan peralatan makeup dan hairdo yang kita punya, plus menghemat biaya pula. Ya ngga? ;) Toh selagi peralatan yang diperluin ada, dan setelah dandan sendiri itu kita tetep bisa tampil beda, ngehandle smuanya sendiri bukanlah pilihan yang salah dong. Apalagi kalo soal makeup, kita atau orang terdekat udah pasti paling tau bagian mana dari wajah kita yang perlu ditonjolin ato ditutupin. Secara ampir tiap hari liat-liatan..hahaha.. :D

Well..semua kerempongan ini sebenernya lebih ke usaha saya untuk menghargai si pengundang, baik itu keluarga, sahabat, atau siapa pun mereka. Dengan si empunya hajat yang sudah sangat niat menyambut tamunya di hari bahagia mereka, menyediakan tempat yang didekorasi sedemikian rupa, dan acara yang disiapkan senyaman mungkin buat para undangan, menurut saya enggak ada salahnya kalo kita sebagai yang diberi undangan memberi apresiasi lewat penampilan kita yang agak lebih rapi, formal, bahkan istimewa dari hari biasanya. Enggak banget lah ya kalo dengan undangan di tangan, kita sebagai tamunya dateng dengan style ngemol apalagi supersantai. For me, it's a big no..dan Chacha pun berpikir hal yang sama tentang itu.

Sebenernya selepas kuliah dulu, Chacha pun memang pernah mengajak saya ikut kursus rias dan tata rambut. Rencananya dia yang ambil kelas rias, sementara saya ambil kelas tata rambut. Tujuannya bukan untuk dibisnisin, tapi lebih untuk diaplikasiin ke kita sendiri, teman, atau keluarga sewaktu-waktu ada event khusus kayak gini. Sayangnya rencana itu musti gagal karena jadwal kerja saya yang absurd dan susahnya cari waktu luang, ditambah dia yang enggak lama setelah lulus kuliah langsung dapet kerja.

Afterall..acara kepepet ini pun membawa hikmah buat Chacha si makeup artist dadakan.. :p Setelah kerapian riasannya dipuji beberapa orang termasuk saya & Mama, semangat Chacha untuk mendalami dunia per-makeup-an ini pun menggeliat lagi biarpun mungkin ga akan didalami lewat jalur formal (at least untuk sekarang :p). Toh sekarang banyak banget tutorial makeup diunggah di mana-mana. Tinggal update terus tutorialnya, melengkapi peralatan makeupnya (foundation Kryolan is a must!!! :D), memperbanyak jam terbang, dan sering-sering kasih kakaknya rias gratisan buat kondangan biar mangkin jago ngeriasnya..hahahaha.. :D



peace & love


@cy

Komentar

Puti mengatakan…
syenangnyah punya lil sister and personal make up artis hehe *envy cos just have 2 big bros :D
Astri Kurnia mengatakan…
@ Puti: Hehe..kan ada Kaka Ipar? :D Kalo nggak..nanti jadi personal makeup artist for you daughter aja..seru kayaknya... ;)