Di Radio :)


Foto: The Smartlocal
Pada masanya, siapa pun di luar sana pasti ada yang pernah (atau bahkan masih) jadi radio freak ya? Untuk kasus saya sendiri, pernah, karena sekarang saya udah ngerasa gak se-freak itu lagi.. :D Kalo sekarang sih paling banter stay tuned radio ya kalo dengerin tausiah Pak Aam di Oz selepas solat subuh aja. Abis itu matiin radio, lanjut sarapan, bebenah rumah, or even lanjut tidur lagi. Hihihi..sudah beda masa rupanya... :D
Oz adalah radio yang terbilang paling akrab di telinga sejak saya SMP. Selepas masa itu ya tentu Ardan, 99ers, Paramuda, Hard Rock, MGT, dan banyak stasiun radio lain yang juga sesekali diikutin, tergantung program acaranya, atau playlist yang lagi diputer kala itu. Di antara sederet stasiun radio itu, tetep deeh..cuma Oz yang dulu paling sering dipantengin. Dari mulai eranya Soto Dugem alias Sogi Toni Duo Gembrot yang bodornya amit-amit, sampe ke masa jayanya Oz Papi Mami yang dipandu Mami Vivi (yang suaranya superseksih) dan Papi Wicky (apa Vecky ya? lupa :P) yang gengges itu, plus sederet program lain yang sekarang saya udah banyak saya lupa, bener-bener mewarnai masa-masa muda saya.. *eciyeeee* dan lumayan membangkitkan keinginan saya untuk bisa siaran juga kayak para punggawanya.. :D Selain itu, ada juga sih salah satu radio lokal Cimahi yang cukup megang pada masanya (sekarang masih ada gak ya?) dan lumayan suka saya pantengin juga. Radio Unasco namanya. Kalo radio ini sih didengerin karena tetangga saya siaran di sana. Ada faktor "kedekatan" tersendiri jadinya. Titip-titipan rikues lagu ato pesen-pesen buat temen sekolah, udah biasa banget lah waktu itu. Lumayaaan..gak perlu susah-susah bersibuk-sibuk telefon, lagu yang dipengenin bisa diputer, plus kirim-kiriman salam buat temen udah pasti bakal dibacain..hahaha.. :D
Sejak itu, entah kenapa, tiap denger kata "siaran" ato "penyiar" selalu aja keluar kata "waaah" sebage bentuk kagum dari mulut saya. Ini beneran.. :D Denger temen bilang "Eh gua tadi ke A ketemu penyiar anu!" ato "Eh pacarnya si B kan penyiar!", bahkan sampe saya nyicipin dunia kerja pun, denger seorang temen bilang "Sebelom kerja di sini gue jadi sempet siaran dulu di radio anu..", si kata "waaah" itu gak pernah ketinggalan sebelom saya lanjut ke komentar saya yang lainnya. Segitu obsessed nya ya hahaha.. :D 

Di akhir tahun 2003, mimpi saya untuk bisa bercuap-cuap di balik microphone di depan mixer di ruang siaran sebenernya sempet terwujud. Berawal dari isengnya saya switching station di saat Oz nyiarin iklan, akhirnya nyangkutlah saya di Radio Sky yang nyiarin playlist lumayan bakal temen ngerjain tugas kuliah malem itu (gelombangnya waktu itu masih 90.40 FM, sekarang jadi 90.50 FM, bahkan berganti nama jadi Radio Cakra sejak berganti manajemen tahun 2012 lalu)Di sela-sela diputernya lagu-lagu down tempo, si penyiar yang saya lupa namanya kasih satu pengumuman yang lumayan bikin saya excited buat ikutan. Dengan taglinenya "Female Dreamland Station", Sky FM yang notabene radio untuk segmen wanita dewasa, waktu itu ngadain audisi Sky LadeeJay, alias radio DJ perempuan. Ajang ini semacem kontes penyiar yang menyeleksi para pendaftarnya melalui berbagai tahapan, hingga kemudian dipilih beberapa orang untuk mendampingi penyiar radio Sky FM tersebut siaran dalam beberapa program mereka...dan tertariklah saya. 


Foto: 3bp

Bermodal nekat dan alamat, tanpa tau di mana exactly stasiun radio itu berlokasi, saya pun berniat nyari TKP dengan ngancot ke sana ke mari.. :D Kalo orangtua ato temen saya tau mungkin bisa aja mereka anter saya ke TKP-nya. But since saya putusin untuk gak dulu cerita-cerita soal kenekatan saya ini, maka pergilah saya sendiri. Saya yang lahir dan besar di Cimahi, terbilang cukup rabun (gak  buta banget maksudnya.. :P) soal nama-nama jalan dan rute angkot di Bandung (ya, waktu itu saya belom dikasih izin ortu untuk pake motor ke jalan rame biarpun udah gape banget ngendarain kendaraan roda dua itu sejak SMP). Bermodal tanya temen tentang rute angkot yang harus saya pake untuk bisa nyampe Jln. Diponegoro (tanpa mereka tau bakal apa saya ke sana :P), sepulang kuliah saya pun berangkat ke stasiun radio yang kala itu masih beralamat di Jln. Diponegoro No. 61. Untung rutenya gampang banget dijangkau. Setelah naik bus DAMRI dari kampus saya di Jatinangor, turunlah saya di Jln. Dipati Ukur, naik satu kali angkot ke arah Gasibu, dari situ lokasi stasiun radio bisa saya jangkau dengan jalan kaki karena posisinya ga terlalu jauh dari Gasibu. Saya tiba di lokasi sore menjelang malem waktu itu. Nervous pasti, selaen karena dateng bener-bener sendiri tanpa bekel apa-apa except nekat untuk audisi sebage radio DJ, ngeliat jubelan pendaftar yang waktu itu menuhin lobby sempet ciut juga nyali saya. 

Setelah mendaftar dan mengisi buku tamu di meja resepsionis, saya diminta nunggu. Gak terlalu lama sih, tapi deg-degannya luar biasa banget waktu itu.. :D Setelah itu saya diminta memasuki ruangan bersama beberapa pendaftar yang udah lebih dulu dateng dari pada saya untuk mengikuti...tes. Ya..tes yang nggak saya sangka-sangka. Untungnya soal tesnya ga seberapa banyak dan tentang pengetahuan secara umum aja. Yang pasti sih, didominasi pertanyaan-pertanyaannya seputar musik yang lagi in kala itu juga ga kelewat...secara tes bakal penyiar gitu yaaaa.. :D Setelah tes selesai, kami pun diperbolehkan pulang. Seorang mbak yang memandu kami ujian, yang dari cara bicaranya terdengar sangat penyiar, mempersilakan kami pulang sambil bilang bahwa siapa yang berhasil mengikuti tahapan berikutnya akan mereka hubungi. Jeng jeng jeng..kami pun pulang dengan tegang... :D  
Beberapa hari setelah tes itu, surprisingly saya dapet telefon dari Sky FM. Saya inget banget belain bungkuk-bungkuk di dalem kelas selagi kuliah, sambil bisik-bisik terima telefon dari Mbak Made, salah seorang announcer Sky, yang bilang bahwa saya diminta dateng ke Sky sore harinya untuk tes vokal. Sebenernya girang bukan main waktu itu. Tapi tetep musti stay cool and calm karena kelas Pak Izul, dosen Translation saya semasa kuliah, masih harus dilanjut.. :D Kelar kuliah hari itu, tanpa babibu saya langsung naik bis Unpad yang langsung menuju Dipati Ukur. Beberapa temen yang memang pulang ke DU dan saya ajak pulang bareng kebingungan, begitu juga temen yang biasa pulang bareng saya pake DAMRI Elang -Jatinangor pada bertanya-tanya mo ngapain saya sesore itu pergi ke DU sendirian. But since I decided not to tell them sampe semuanya bener-bener pasti, saya pun pake jurus ngeles itu ini..hihihi.. :D

TIbalah saya di Jln. Diponegoro 61. Kali ini peserta yang dateng udah ga seberjubel sebelumnya. Menurut mbak resepsionis, peserta udah ga sebanyak sebelumnya karena sebagian besar udah tereliminasi. Then I feel so lucky to be there..really.. :D Tes vokal sendiri dibagi ke beberapa termin. Pertama dites artikulasi suara, teknik pengaturan napas, lalu satu per satu dari kami diminta memasuki ruangan lalu cuap-cuap sendiri untuk pura-pura siaran. Tegang..iya. But somehow, kali itu saya berasa jauh lebih tenang daripada sebelumnya.. :D Karena tesnya lumayan lama, hari mulai malem dan saya mula waswas pulang sendirian ke rumah saya di bilangan Cimahi, saya pun minta tolong Bapak untuk jemput. Di perjalanan pulang, barulah saya cerita sama Bapak apa yang saya lakuin sampe pulang larut di stasiun radio waktu itu. Jadilah Bapak yang paling pertama tau soal proyek nekat saya itu.. :D

Selama masa menunggu keputusan, Sky FM jadi salah satu radio yang cukup sering saya kupingin waktu itu. Selain untuk ngupdate info terbaru soal ajang LadeeJay just in case diumumin di sela-sela program, itu juga sebage bentuk "usaha" untuk mempelajari style penyiar  karena stasiun radio ini segmen pendengarnya totally beda dengan radio yang sebelumnya sering saya kupingin. Ya, gaya bicara announcer di radio ini memang lebih tertata, nggak cablak ato cewawa'an kayak radio dengan segmen anak muda kebanyakan. Karena dalam sebagian programnya diselingi juga dengan news serius bahkan tips seputar wanita, tentunya announcer juga gabisa asal nyablak sepanjang siaran, karena untuk info dan tips tadi naskah panduan udah disediakan. Serius tapi santai lah formatnya. So, ga terlalu susah lah belajarnya.. :D 

Sekitar seminggu berselang sejak tes vokal itu, dihubungilah saya oleh Mbak Made. Hasilnya, saya lolos tahapan tes vokal, dan diminta briefing dengannya untuk membahas format siaran dan partner saya untuk tendem siaran. Mengingat saya yang masih kuliah, Mbak Made menyerahkan waktu briefing sepenuhnya kepada saya, kapan saya bisa datang ke Radio Sky untuk briefing, kapan sekiranya saya bisa siaran untuk dicocokkan dengan penyiar yang bertugas, dan bahasan-bahasan lain yang bikin saya lumayan gemeteran. It's like..apa yang saya mimpiin udah bener-bener di depan mata, dan seseorang di seberang telefon sana akan membantu mewujudkannya. Luaarrr biasa.. :D Setelah briefing dilakukan, Mbak Made pun menyiapkan jadwal siaran untuk saya. Setelah dicocokkan dengan jadwal siaran beberapa announcer, ternyata jadwal Mbak Made sendirilah yang paling pas dengan jadwal kuliah saya. Maka jadilah Mbak Made partner siaran saya waktu itu. Yahooo.. \(^_^)/


Foto: Katakataono

Begitu mendapat jadwal siaran, keluarga dan temen-temen kampus langsung saya kabarin untuk mantengin Sky FM di hari itu, demi mendengarkan siarannya saya yang mungkin hanya jadi pengalaman sekali seumur hidup bagi mereka.. :D Saya lupa tanggal tepatnya. Yang pasti suatu hari di bulan November 2003, jadi hari yang bersejarah banget buat saya.. *eeaaa*. Di hari itu, saya akhirnya bisa merasakan atmosfer ruang siaran, bukan hanya untuk duduk manis, tapi juga untuk siaran bersama Mbak Made, yang sejak itu jadi mentor saya. Yang saya inget, siaran pertama sepanjang sejarah hidup saya waktu itu bertepatan dengan bulan puasa. Obrolan siaran pagi pun berawal dari basa-basi kabar, perkenalan, chit-chat bahasan menu sahur, sampe akhirnya kami berhasil melepas kekakuan sepanjang siaran, saling menimpali percakapan, dan bener-bener work as a team. Yang ga disangka, Mbak Made "melepas" saya untuk menyisipkan breaking news dan info wanita di sela-sela obrolan kami dalam siaran hari itu. "Sekarang giliran kamu ya, aku yang nimpalin aja," kata Mbak Made sambil meyakinkan saya bahwa nyisipin breaking news dan info wanita di sela chit-chat kami, enggaklah sehoror yang saya bayangin. Bermodal bismillah dan impovisasi di sana sini, tanpa menghilangkan inti dari news ato info wanita itu tadi, alhamdulillah saya berhasil melakukannya. Sayangnya saya lupa isi breaking newsnya apa. Yang saya inget justru info wanita tentang kisah para wanita pemecah batu di Aceh. Yang seru, saya gak cuma bacain infonya aja, tapi bersama-sama Mbak Made, kami berdiskusi tentang how strong Indonesian woman, khususnya yang tinggal di daerah pedalaman, yang nyata-nyata bisa melakukan pekerjaan yang umumnya dilakukan kaum Adam. Alhamdulillah..memang ga setegang yang saya rasain sebelumnya. Meski sempet jiper dan khawatir tenggelem di balik suara Mbak Made yang udah nyata-nyata jauuuh lebih berpengalaman dalam dunia siaran, we definitely work as a partner. Semuanya bener-bener mengalir, sampe-sampe durasi tiga jam siaran hari itu pun gak berasa harus berakhir.  

Ya, pengalaman itu jadi salah satu pencapaian terbesar buat saya. Apalagi ternyata, belakangan baru saya tahu bahwa ajang LadeeJay itu ternyata tak hanya memberi kesempatan bagi 30 pendengarnya untuk merasakan atmosfer siaran, tetapi juga memilih lima terbaik di antaranya untuk mendapatkan sertifikat penghargaan sebagai The Best Sky LadeeJay. Saya tentu ga berharap banyak untuk yang satu itu. Bisa mencicipi rasanya jadi announcer aja udah luar biasa buat saya. Melangkah sejauh itu pun, apalagi hanya modal nekat sebelumnya, saya udah bener-bener puas.. :)

Di akhir 2003, datanglah telefon dari Sky FM tentang undangan untuk merayakan Tahun Baru 2004 di Radio Sky bersama owner, para announcer, reporter, staff, dan pendengar Sky FM yang merayakan tahun baru di seputaran Gasibu. Keharusan untuk datang pun bener-bener ditekankan oleh sang penelefon yang sepertinya si Mbak resepsionis, yang suaranya cukup familiar kala itu. Tanpa saya sangka, setibanya saya di sana pada 31 Desember 2003 malam hari sekitar setengah jam sebelum acara dimulai, saya baru tau bahwa hari itu ternyata juga menjadi hari diumumkannya The Best Sky LadeeJay. Saya yang awalnya mengira semua peserta hadir, sempat shock begitu tahu bahwa hanya tersedia lima seat untuk peserta LadeeJay di deretan tamu. Perasaan geer, tegang, bangga, haru, jadi satu. Apalagi setelah ketemu dengan peserta lain yang juga sama "blank" nya dengan saya tentang acara malem itu. Begitu acara dimulai dan sambutan dari owner selesai, tibalah waktu yang menegangkan itu..pengumuman The Best Sky LadeeJay. Satu per satu dipanggil naik ke atas panggung (yang sebenernya teras kantor Sky yang memang letaknya lebih tinggi dari tempat deretan tamu), sesuai dengan urutan. They told me that I was the fourth one. And it was waaaay beyond my expectation. Kayaknya, waktu nerima sertifikat dan beberapa goody bag dari sponsor pun saya masih memasang setelan ekspresi gak percaya..hahaha.. :D Alhamdulillah..kenekatan saya berakhir indah..bahkan jauuuh lebih indah dari bayangan saya.     

From that very first experience as an announcer, down to another. Siaran demi siaran, sepagi apa pun, selarut apa pun, semuanya bener-bener saya nikmati di sela-sela kesibukan kuliah saya. Untuk mimpi terbesar yang menjadi kenyataan itu, saya gak lagi memperhitungkan berapa banyak waktu hangout bersama temen-temen yang sudah tersita dan berapa banyak waktu istirahat sepulang kuliah saya terbuang, berapa banyak ongkos Cimahi-Jatinangor-Dipati Ukur-Cimahi setiap harinya yang harus saya habiskan, apalagi jika dibandingkan dengan honor siaran per jam bagi kelas pemula seperti saya yang tentunya tak seberapa. Semuanya bener-bener terbayar. Pengalaman itulah yang menurut saya lebih berharga dan besar nilainya dari nominal yang saya terima atau sudah saya habiskan selama berbulan-bulan. Sayang, akhirnya mimpi itu harus terhenti karena bentroknya urusan perkuliahan dengan siaran kala itu. Saya pun harus memilih mana yang menjadi prioritas. Ya, kuliah yang waktu itu akan selesai dalam hitungan bulanlah yang tentu jadi pilihan saya.. :')


***

Foto: The Smartlocal

Kalo boleh jujur, sampe sekarang, di usia yang hampir menginjak tahun ke-29, saya masih nyimpen keinginan untuk kembali ke ruang siaran. Bahkan setelah sekian tahun berselang sejak saya lulus kuliah dan akhirnya bekerja, semua pengalaman itu ga pernah saya lupa. Setelah sebelumnya bekerja sebagai customer service online, yang sedikit mengobati rasa kangen karena sama-sama "jual suara", hingga akhirnya terdampar di sini sebagai penyunting naskah berita harian umum, keinginan itu juga masih ada. 

Out of nowhere, suddenly..one shocking question ditujukan pada saya dua minggu lalu. "Teteh masih minat siaran ga?" tanya Abang Jai. "Masih bangetttt Abaaaang..." saya pun kontan menjawab, dan pasti dengan mata berbinar penuh harap. Pembicaraan pun berlanjut. Teman Abang Jai yang ternyata Music Director salah satu radio di Bandung yang baru berganti manajemen, nama, dan konsep radio menjadi news radio, mengajak saya untuk bertemu atas rekomendasi Abang yang diam-diam "mempromosikan" saya dengan background saya yang pernah siaran dan sedang bekerja di media. "Mereka lagi cari announcer cewek, segmennya radio news, pas buat Teteh. Hubungi nomor ini secepetnya ya," kata Abang kepada saya, sambil menyodorkan kartu nama atas nama Liza. 

Saya pun menatap perut yang kian membuncit..membayangkan jarak antara istana kecil kami di Margaasih ke kantor stasiun radio tersebut di kawasan Arcamanik yang terbilang jauh..dan membayangkan kesempatan untuk mencicipi lagi atmosfer dan pengalaman-pengalaman itu. Saya pun galau. Keputusan gak langsung saya berikan kepada Abang Jai hari itu. Nomor sang MD pun tak kunjung saya hubungi hingga beberapa hari berikutnya. Saya terus menimbang-nimbang..hingga akhirnya mengikhlaskan kesempatan itu lepas dari tangan saya..setelah berdiskusi dengan Dodo terlebih dahulu tentunya. 

Dan pagi kemarin, satu request di contact BBM kembali membuat saya galau. Satu request dari seseorang bernama Liza...

Dear God...  :')

Peace & Love


@cy

Komentar

Puti mengatakan…
ahiwwww hehe, jadi gimana ini teh masih galau ya :P, cemungudz bumil ;)
Astri Kurnia mengatakan…
Hehehe..masih Put.. :') I wish bisa minta mereka nunggu sampe aku lahiran nanti, biar tetep bisa dijalanin dua-duanya..tapi ko' ya ndak tau diri banget yaa..hahaha.. :D
MagicShopID mengatakan…
Mun urang Bareto favorit na program oztestoteron Cy.. Haha