Testpack dan Strip Dua ;)


Sampai hampir memasuki ulang tahun pernikahan yang ke dua tahun depan, entah udah keberapa kalinya saya memakai testpack. Entah berapa jenis juga yang pernah saya coba. Mulai dari yang harganya puluhan ribu dengan kemasan ciamik, sampe yang cuma 4.000 perak yang hanya dikemas dalam plastik steril dibalut kertas berupa amplop kecil. Tapi yang pasti, sejak awal pernikahan, saya bener-bener ngerasain mulai dari malu-malu beli tespack ke apotek, sampe udah berasa biasa banget beli, bahkan berani nyetok sampe beberapa biji di rumah untuk persediaan.. :D Maklum laaah, sejak tahun pertama menikah dan akhirnya dinyatakan bersih dari inveksi TORCH, saya dan Dodo memang pengennya cepet-cepet dapet momongan. Jadi hampir setiap bulan harap-harap cemas itu selalu ada, berlanjut ke pengecekan via alat pengetes kehamilan terpraktis ini, sampe akhirnya kami  bosen sendiri dengan hasilnya.. :D
Ya, kami sempet juga ngalemin masa bosen. Well..bukan bosen juga sih ya, tapi tepatnya lebih ke cape dibikin berharap terlalu banyak dan cape dikecewakan dengan hasilnya yang selalu menunjukkan strip satu saja. Mulai dari situ, saya khususnya udah ga terlalu ngoyo lagi. Saya dan Dodo mulai berpikir, kalau memang udah waktunya, Allah pasti memberikan kami momongan pada akhirnya. Itulah yang akhirnya bikin saya khususnya mulai lebih "santai". Saya ga terlalu heboh lagi nyatet masa subur dan nandain tanggalan haid seperti sebelumnya, ga terlalu ngoyo ngonsumsi itu ini, hunting info program hamil bahkan info pengobatan alternatif ke sana-sini, pokonya sangat santai dibanding saya dan Dodo di tahun pertama pernikahan. Meski begitu, target tetep kami pasang *caelah*. Karena bagaimanapun kami enggak mau "pasrah" dalam arti  hanya duduk diam menunggu keajaiban Tuhan. Jadilah kami targetkan awal tahun 2013 sebagai awal di mana kami akan kembali "gencar" menjalankan program kehamilan. Dan sebelum tiba di awal tahun 2013 itu, kami memutuskan untuk bersantai-santai dulu... :)
Dimulai dari Rabu 12 Desember, ada yang gejala ga biasa yang saya rasain. Saya yang hari itu ngantor malem, ngerasa badan saya letih banget. Saya sempet mikir, mungkin itu adalah akumulasi dari kelelahan yang saya rasain dari tanggal 8 Desember, which is hari libur mingguan saya, yang justru malah saya pake nonton konser 2PM ke Jakarta barengan Chacha. The next day, Kamis 13 Desember, rasa letihnya malah tambah parah. Ga cuma badan yang berasa lemes, tapi saya pun mendadak kebluk minta ampun (padahal biasanya cuma kebluk doang, belom sampe taraf mita ambun :P). Saya pun memutuskan untuk izin ga masuk kantor karena kondisi badan yang superlemes. Di hari itu, mungkin hanya beberapa jam aja dalam sehari saya bener-bener melek. Itu pun saya pake untuk mandi, solat, makan, dan ke toilet. Selebihnya bener-bener saya habisin di kamar untuk tidur. Dodo sempet hampir bawa saya ke dokter, tapi saya pikir ga ada keluhan berarti lain yang bikin seurgent itu untuk periksa. "Cuma kecapean palingan. Besok juga baek..." jawab saya waktu Dodo mulai memaksa. Maka, bedrest lah saya hari itu...
Setelah sempet jumawa dan berpikir kondisi saya akan membaik setelah sehari istirahat, saya malah makin drop keesokan harinya, Jumat 14 Desember. Badan saya makin lemes, ada sensasi pusing sedikit, dengan tingkat kebluk yang tambah parah rasanya. Dari situ rasa geer bahwa saya hamil mulai dateng lagi setelah ngilang sekian bulan. Apalagi kalo inget gejala hamil salah seorang temen yang kurang lebih juga sama. Saya yang udah beberapa bulan terakhir ga nyatet tanggalan haid apalagi masa subur, mulai nginget-nginget lagi tanggalan haid terakhir saya. Meski ga lagi rajin nyatet, thank God ada timeline Twitter. Nyampah saya semasa PMS enggak sia-sia ternyata.. :D Dari situ jugalah saya tau bahwa saya memang udah telat haid hampir sepuluh hari lamanya. Daaaan..sejak itu mulai degdegan lah Dodo juga saya.. :) Testpack pun kami beli sore harinya. Pikiran untuk datengin dokter dengan gejala yang saya rasain kami kesampingin dulu sampe testpack menunjukkan hasilnya. Bukan apa-apa, takut aja dari dokter nanti malah doagnosisnya salah dan ngasih saya obat sementara saya berbadan dua. Apalagi gejalanya juga serupa anemia ato masuk angin begitu kan.
Saya yang Jumat malemnya nginep di rumah Mamah karena Dodo yang masih berkutat dengan night shiftnya, mulai gabisa tidur saking ga sabar nunggu dini hari, which is waktu yang paling optimal buat ngecek kada HCG pada urine saya. Dodo yang lagi di kantor pun mungkin ga kalah tegangnya. Selepas tengah malem dia sempet BBM saya. "Have a good rest, my dear. Can't wait for the good news.. :)". Akhirnya, saya bener-bener baru bisa nutup mata sekitar jam 2 dini hari, dan bangun Sabtu paginya, 15 Desember 2012, selepas azan Subuh. Setelah shalat, barulah saya mulai bersiap untuk tes urine sendiri. Deg-degan mah jangan ditanya, rasanya masih sama kayak pertama kali pake alat ini. Apalagi, kali ini telatnya lumayan lama, sampe sepuluh hari segala. Daaaan ya...itu mungkin jadi 15 detik paling menegangkan dalam hidup saya. Sekitar lima belas detik itu saya melihat garis pada testpack perlahan naik, lalu menebal, lalu diikuti satu garis lainnya yang juga menebal. Positif!!! Alhamdulillaaaaah.... :')
Saya lihat Mamah sudah di dapur begitu saya keluar kamar mandi. Mamah sempet curious ngeliat saya keluar kamar mandi dengan semringah, tapi saya yang terlalu excited menuju kamar mengambil BB saya untuk kasih kabar bahagia itu ke Dodo. I took a picture of it, type a caption... "Is this the news that you've been waiting for? :)"..then sent it through my BlackBerry Messenger to him.. :')


Belum sempet ngeliat BBM saya ke dodo terbaca dan ngeliat responsnya, saya langsung menuju dapur ketemu Mamah. Puji dan syukur mengiringi pelukan Mamah begitu saya kasih tahu kabar baiknya. Ya, kabar itu pun memang sangat dinanti-nanti Mamah mengingat ini akan jadi cucu pertamanya.. :') Bapak yang ngeliat kami nangis terharu di dapur mulai penasaran. "Kenapa Ti," kata Bapak. "Ati hamil Pak," jawab saya sambil langsung memeluk Bapak. Puji dan syukur kembali terpanjat. Sampe sekarang saya masih suka berkaca-kaca kalo inget momen itu... :') Saking senengnya kami, saya sampe ga sadar kalo BB dan handphone CDMA saya berdering terus sejak BBM berisi foto testpack berstrip dua itu saya kirim ke Dodo. Hhhhmmm..penasaran juga rupanya si calon Bapak ini..hihihi... :)  
Tiga hari kemudian, Selasa 18 Desember 2012, barulah saya dan Dodo memastikannya ke dokter. Memang sih, kayanya masih belum keliatan apa-apa juga kalopun di-USG hari itu. Tapi at least kami tahu udah berapa minggu usia kandungan saya kala itu. RSIA Hermina Pasteur pun jadi pilihan. Selain jam prakteknya sampe sore hari bahkan malem dan jaraknya yang deket dari rumah Mamah mertua, RSIA ini pun salah satu rumah sakit rujukan kantor saya. Kami pun bertemu dr. Tita. Melalui dokter yang sudah cukup sepuh ini, saya dan Dodo tahu kalo kandungan saya sudah menginjak usia 6 minggu hari itu. Alhamdulillaaaah..sehat dan kuat terus ya, Nak... :')

**

Alhamdulillah..penantian kami selama kurang lebih setahun sepuluh bulan akhirnya membuahkan hasil. Honestly, ini di luar dugaan saya dan Dodo. Karena seperti saya bilang sebelumnya, kami sedang teramat sangat santai belakangan, enggak ngoyo, enggak ngotot segimananya ngejar target untuk saya hamil, makanya berita baik ini bener-bener jadi kejutan menjelang akhir tahun buat kami. Bersyukur pasti, apalagi hampir dua tahun kami menanti-nanti kabar ini. Kalopun sangat santai belakangan, bukan berarti kami berhenti berharap akan hadirnya buah hati, tapi lebih ke menyerahkan sepenuhnya pada kuasa-Nya. Dan Masya Allah, ketika target kami buat, bahwa pada Januari kami akan mulai gencar program hamil, Allah justru menunjukkan kuasanya terlebih dahulu. Alhamdulillah...wasyukurillah... :)
Istilah "manusia hanya bisa berencana, tetapi Allah yang menentukan" lagi-lagi terbukti dengan apa yang saya alami kali ini. Setelah tahun pertama sempat mengunjungi beberapa dokter dan dinyatakan rahim saya sehat, bahkan salah satu dokter sempat sesumbar bahwa saya bisa hamil cepat, jika Allah bilang belum waktunya, ya belum hamillah saya. Sempat mencoba mengonsumsi itu-ini yang disarankan orang-orang agar bisa meningkatkan kesuburan pasangan suami istri, jika Allah belum memberikan kami kepercayaan untuk mengemban amanah berupa janin dalam rahim saya, ya belum hamil jugalah saya. Amazingly, ketika kami begitu santai, tak merasa dikejar target itu-ini, tak terlalu memusingkan sindiran sana-sini tentang momongan, Allah memberi kami kado istimewa. Ya, mungkin Allah ingin kami duduk tenang menunggu ketentuan-Nya. Enggak ngotot, enggak ngoyo, enggak gerasak-gerusuk, apalagi sampai menggantungkan salah satu keinginan terbesar kami ini (punya momongan-red.) kepada zat selain-Nya..nauzubillah.

Alhamdulillah..janin saya sudah masuk minggu ke-8 hari ini.. :) Meski belum terlihat perubahan fisik berarti pada saya, perubahan kebiasaan sudah semakin terasa. Mual di pagi dan malam hari, emosi naik turun, mulai susah makan, dan gak lagi toleran sama wewangian, apalagi bebauan, itulah yang saya rasakan belakangan.. :) But somehow, i'll fight for it. Perjuangan baru saja dimulai. Ini semua, berikut perjalanan beberapa bulan ke depan akan terbayar lunas bahkan lebih hingga akhirnya bayi kami lahir ke dunia dengan sehat dan selamat tanpa kekurangan suatu apa. Bismillah..semoga Allah memberi kami kekuatan, kesehatan, kelancaran, dan keselamatan hingga proses persalinan dan seterusnya nanti. Aaamiin. Doakan kami yaaa.. :)  



peace & love


@cy    

Komentar