A (Long) Journey to Her.. A (Long) Journey of Us..

Siapa sih Mimin.. :-) Mimin adalah motor Yamaha Mio biru berpelat D 6444 UX, barang termahal yang saya beli dari hasil keringat saya sendiri (ouch..i hope it doesn’t sound like a bluff) Dengan ngendarain Mimin, manasin dia tiap pagi, nyuci dia dengan tangan sendiri (kalo sempet :-p), jujur ada semacem rasa bangga di diri saya. Seenggaknya..biarpun cuma mampu memiliki Mimin secara utuh (beserta BPKB) setelah saya menyisihkan gaji melalui cicilan selama 3 tahun, finally saya bisa punya barang yang saya pengenin sejak saya kuliah dulu, dari hasil saya bekerja.. :-)

Ya. Pertama kali saya melihat penampakan motor skutermatik cantik ini adalah di saat saya kuliah. Kalau enggak salah, sekitar tahun 2002 atau 2003. Seorang kakak kelas yang berbadan tinggi tegap, berwajah galak, tampak jomplang mengendarai Yamaha Mio yang bisa dibilang mini itu, dengan warna yang cukup shocking, KUNING. Very eye catchy.. :-) Di situlah saya mulai merasa "jatuh cinta". Sama motor mio itu lho ya..bukan sama kakak kelas berbadan tinggi tegap berwajah galak tadi..ehehe.. :-p Karena berbagai keterbatasan, keinginan saya untuk memiliki kendaraan yang udah bikin saya jatuh cinta itu enggak pernah saya utarain sama orang tua. Saya pikir, saat itu masih banyak hal lain yang lebih penting untuk diutamain (biaya kuliah kakak, saya, dan biaya sekolah adik saya, misalnya). Keinginan itu pun hanya bisa saya pendam sampai saya bekerja.

Di tahun pertama bekerja, sempat terpikir untuk mulai mencicil skutermatik cantik itu.. (it's you Mimin..no one else :-D) Karena cukup jauhnya jarak dari rumah ke kantor saya di bilangan Asia Afrika, saya pikir enggak efektif kalo saya harus menggunakan kendaraan umum setiap harinya (dari segi ongkos, boros..dari segi waktu, ga kalah boros). Sayang, keinginan saya itu sempet ditentang sama orang tua. Ada rasa khawatir di diri mereka akan cicilan yang harus saya tanggung, karena saat itu saya bekerja underoutsource dengan status kontrak yang enggak pasti. Masih belum jelas, apakah kontraknya setahun putus, atau dilanjut sampe bertahun-tahun ke depan. Yaah..begitulah nasib pegawe outsourcing.. :-|


Saya yang gagal dapetin kendaraan impian (jiaah.. :-p), akhirnya memutuskan untuk tinggal di rumah kos di sekitar kantor. Keputusan itu saya ambil bukan sebage wujud ngambek atau pundung sama orang tua karena engga dikasih izin nyicil motor lho yaa.. :-p tapi lebih karena pertimbangan boros waktu & ongkos itu tadi. Cukup deh 3 tahun saya ngerasain mumetnya berurusan dengan perjalanan pulang pergi Cimahi - Jatinangor, yang kadang bikin saya harus ngabisin waktu sampe 4 jam di kendaraan. Bener-bener bikin tua di jalan kan?? Heuheu.. :-D

Akhirnya, (berkat doa orang tua saya juga) setelah hampir genap satu tahun saya tinggal di tempat kos, kontrak kerja saya pun diperpanjang. Waktu itu saya berniat kembali ke rumah, dan ngelobi orang tua supaya kasih saya izin untuk mulai mencicil motor. Motor itu nantinya memang saya cicil dengan uang saya sendiri, tapi belum afdol rasanya kalau saya enggak dapet restu dari orang tua untuk nempuh jalan cicilan demi motor yang saya idam-idamkan itu (hallah.. :-p)

Alhamdulillah..restu orang tua berhasil saya kantongi. Bermodal keyakinan akan terus bisa melanjutkan kewajiban cicilan motor itu sampai selesai, saya pun akhirnya kembali ke rumah dan mulai mencicil motor untuk mengantar saya bekerja (bersenang-senang juga tentunya..ahaha.. :-D) Dan..di sinilah petualangan saya bersama Mimin bermula. Banyak banget cerita tentang Mimin bersama saya. Banyak juga kenangan dengan motor yang udah mengantar saya ke mana-mana ini. Semua kenangannya enggak terhitung. Enggak juga terganti dengan apa pun.. (caelaaah.. :-p)

Wanna hear some stories? Here they are.. :-)
  • Mimin juga punya pacar looh. Namanya Udin :-) Tak lain dan tak bukan Udin adalah motor milik Dodo, pacar yang juga insya Allah calon suami saya :-) *blushing* Kami membeli motor di bulan yang sama, cuma beda beberapa hari aja. Sebagai "pria", Udin tentunya lebih gagah dari Mimin yaa. Jupiter MX dengan warna biru Persib (warna yang sama dengan Mimin) berpelat nomor D 3430 VU. Hampir setiap Dodo dateng ke rumah saya, Mimin bisa bebas bertemu Udin. Semakin sering Dodo dateng, semakin sering jugalah intensitas pertemuan mereka. Hubungan mereka juga kayaknya enggak kalah serius tuh.. :-p Doain aja yaa..mudah-mudahan one day mereka juga bisa nikah & punya anak kayak yang punya..amiiiiin..ehehehe.. (Udah gila kali saya, motor pake mo dikawinin segala..ahaha.. :-D)
  • Selama kurang lebih empat tahun di bawah pengasuhan saya (halaah.. :-p) rasanya enggak pernah sekalipun Mimin bikin saya bener-bener kerepotan. Ya.. kalopun "ngembek" karena bannya nginjek paku sampe bocor aja sih wajar ya. Itu pun engga pernah bikin saya harus ngedorong jauh-jauh sampe keringetan. Mimin kayaknya tau banget tempat "ngambek" mana yang letaknya ga jauh dari tambal ban..ihiyy.. :-P Soal mogok, kalo saya inget-inget juga kayaknya masih bisa diitung jari deh. Pernah mesin Mimin mati di tengah jalan dan harus minggir karena auto starternya rusak, tapi itu pun cuma kejadian satu kali. Setelah saya ganti aki, auto starternya nyala lagi deh. Ya, saya juga sempet ngalemin abis bensin karena ceroboh ngontrol meterannya.. :-p Pikiran kayak "Ah, bensin segini sih masih bisa nyampe kantor. Ntar aja isinya sambil pulang (kalo ga lupa)," bikin saya harus mengalami hal ini. Tapi, baiknya Mimin lagi, dia baru mati setelah saya nyampe gerbang kantor. Jadinya kan saya ngga perlu ngedorong jauh-jauh sampe nemu POM bensin ya. Cukup minta tolong Dodo dateng ke kantor saya, bawain "minuman" buat Mimin biar dia enggak kehausan, then i could ride her again..ehehe.. :-D
  • Hmmm..here comes the sad story. Mimin, dengan segala kesetiaannya pada saya, juga pernah jadi saksi perampasan yang saya alami. Kejadiannya di lampu merah Otista, tepatnya di perempatan menuju Kebonkalapa. Pagi itu, di perjalanan menuju kantor, seperti biasa saya menggantungkan tas saya di hanger yang letaknya ada bodi bagian bawah Mimin. Pegangan tas yang agak tebel, bikin tas saya sulit menggantung di hanger itu dengan sempurna. Entah pertanda atau apa, yang jelas beberapa kali tas saya itu sempat hampir jatuh, hingga akhirnya dirampas seorang jambret tepat di lampu merah Otista. Seperti apa reaksi saya, enggak usah ditanya. Saya menangis dan tereak sejadi-jadinya, sambil minta tolong ke orang-orang yang ada di situ. Sayang, kayaknya engga ada seorang pun tergerak untuk membantu saya mengejar perampok itu. Mungkin mereka takut. Karena bisa jadi, pelaku enggak sendirian. Saat itu, teman-teman si rampok mungkin juga sedang mengawasi gerak-gerik saya. Mimin pun sempat menemani saya mengejar rampok itu. Tapi nihil. Dia menghilang di keramaian Tegallega. Setelah berhari-hari menangisi kejadian itu, saya pun akhirnya bisa ikhlas menerimanya. Saya pikir, mungkin tas yang baru berumur dua minggu, berisikan 2 handphone, beauty case, dan dompet beserta isinya itu bukan lagi rezeki saya. Pascakejadian, Miminlah yang menemani saya memerangi semua rasa trauma, saat saya harus kembali melewati perempatan Otista di hari-hari berikutnya menuju tempat saya bekerja.
  • Secara enggak sengaja, atas kecerobohan saya, Mimin juga pernah menabrakkan dirinya ke gerobak becak bermuatan tahu. Kejadiannya enggak jauh dari perempatan Pasirkoja. Saat itu, saya pun sedang dalam perjalanan menuju kantor. Saya yang hari itu masuk jam 6 pagi, harus pergi seenggaknya jam 5.30 WIB. Karena pagi itu hujan gerimis dan enggak berhenti sejak malem sebelumnya, saya merasa harus melajukan mimin dengan kecepatan rendah, mengingat licinnya jalan dan kondisi langit yang lebih gelap dari pagi biasanya. Akhirnya saya memutuskan untuk pergi lebih pagi. Setibanya di sekitar Jln. Soekarno-Hatta, hujan bertambah deras. Saya terpaksa harus menutup kaca helm agar wajah saya enggak ikut basah kuyup kesiram air hujan. Di situlah, saya merasa pandangan saya sedikit kabur. Sampai-sampai saya harus sesekali menyeka kaca helm dengan tangan agar masih bisa melihat kondisi jalan. Enggak lama dari situ..Braaaaakkkk!!!! Saya menabrak gerobak becak itu. Saya dan Mimin terjatuh dan meluncur di aspal hingga ke pembatas tengah jalan, sedangkan pengendara gerobak becak terjatuh ke arah trotoar. Singkat cerita, kejadian itu menyebabkan Kang Dadang mengalami retak tulang di bagian pinggul (yang ternyata pernah retak juga sebelumnya karena terjatuh dari sepeda motor), roda gerobak bagian kirinya bengkok tertabrak Mimin, tahu yang semula akan ia bawa ke pasar hancur berceceran di jalan. Saya sendiri hanya mengalami luka baret di bagian pipi kiri, luka di lutut kiri, dan pergelangan tangan kiri. Sementara Mimin..hancur. Tak sedikit pun bodi yang melindungi rangkanya bisa terselamatkan. Bodi depan pecah, terbelah, dan berhamburan di jalan. Bodi samping dan belakang juga tergores cukup dalam. Lampu depan mengelantung karena enggak berpenopang. Stang pun bengkok total. Saya pikir akan sangat sulit untuk bisa mengembalikan kondisi Mimin seperti semula. Setelah urusan saya dengan Kang Dadang selesai, mengganti semua kerugian & biaya pengobatan hingga ia sembuh, barulah saya mulai memikirkan Mimin. Bengkel pun harus jadi tempatnya menginapnya selama dua minggu, sampai akhirnya Mimin kembali terlihat seperti skutermatik cantik idaman saya dulu..(jiaaah.. :-p) Semua bodinya baru, lampunya juga baru, tak terkecuali bodi samping & belakang, masih dengan warna biru Persibnya.. :-)
Hmmmh...semua cerita itu enggak seberapa. Masih banyak kenang-kenangan lain yang saya punya bersama Mimin. Jujur nih, sekitar tahun lalu memang sempat terpikir untuk menjual Mimin dan menggantinya dengan motor baru. "Ganti sama yang baruan," kata Mamah waktu itu. Tapi kalo inget semua cerita yang udah saya lewati dengan Mimin, kok kayaknya berat banget buat ngelepas dia ya.. :-S Maybe it sounds ridiculous..tapi saya merasa memiliki "ikatan" khusus dengan Mimin, setelah melewati segala macem kejadian 4 tahun terakhir ini. Jika saja "ikatan" kami memang sekuat itu, mungkin sekarang Mimin pun tau betapa berarti dan berharganya dia untuk saya. Betapa berterima kasihnya saya kepadanya yang sudah sangat baik dan setia pada saya. Rasanya sulit membayangkan harus melepas dia dengan semua story yang kami punya. Tapi yang jelas..sampai detik ini, saya hanya ingin Mimin tetap menemani saya ke manapun saya pergi.. :-) Amin..

Anyway..posting ini saya buat untuk "merayakan" ulang tahun Mimin yang ke-4 tanggal 4 Mei nanti. I just simply want to congratulate her for that day through this blog… :-p
Selamat ulang tahun Mimin..makasih banyak udah setia nemenin aku ke mana-mana. Makasih udah ga banyak ngerepotin aku & engga jadi skutermatik cantikku yang rewel..ehehe.. Maaf kalo aku sering cuekin kamu yaaa..terutama kalo Abah Dodo lagi bisa rajin anter jemput aku..ehehe.. :-) You’re the best thing that i’ve ever bought, myself. That’s why i never regret to spend a lot of money on you. I promise to give you a new front tire as a gift, my dear pretty ride.. ;-) Then let's hit the road!!!
P.S. Happy birthday Mimin..i love you.. \(^_^)/ (You can call me crazy guys..but I really do :-p)

peace and love
@cy

Komentar