Me Without Blackberry



Hampir dua bulan saya lepas dari Blackberry. Dulu mungkin pernah berpikir hidup berasa hampa tanpa Blackberry sampe paniknya minta ampun kalo barang satu itu ketinggalan. Dulu mungkin pernah juga dibikin terpaku sama benda satu itu sampe ga aware sama sekitaran. Tapi ternyata, tanpa si BB selama dua bulan belakangan, hidup enggak berasa sehampa itu juga ya.. :P Toh yang paling penting, saya masih bisa berkomunikasi dengan keluarga, teman-teman dekat, dan teman-teman kerja (via SMS dan telefon aja tapinya).. :D

Ya, Blackberry saya yang memang usianya udah cukup uzur (untuk ukuran smartphone) itu suatu hari tiba-tiba mati dan gabisa nyala lagi. Setelah dicek, ternyata IC powernya rusak dan ada komponen lain yang terkena imbasnya. Konon, menurut si tukang servis, rusaknya ini karena kena air. Tapi entahlah, saya sendiri masih ga berhasil nginget air apa yang bisa bikin si BB tewas dengan nahas dan kapan pula kejadiannya.

Biaya servis dan ganti komponen yang hampir seharga dengan Blackberry tersebut jika dijual, sempet mengurungkan niat saya untuk memakai BB itu lagi. Pikir saya, mending lem biru aja dah. Sambil nunggu terkumpul kocek untuk beli gantinya, sambil menikmati masa-masa ini, menjalani tenangnya aktivitas saya sehari-hari tanpa chatting, tanpa mantengin notification dari beberapa akun socmed saya, tanpa kepoin recent updates, even tanpa ngejar deadline nulis artikel untuk Apa & Siapa via smartphone. Apalagi toh hidup tak ber-Blackberry juga ga lantas bikin saya sekuper itu. Masih bisa ngenet atau ngupdate socmed via pc selagi di kantor atau bahkan di rumah (dengan catatan Kalilla udah tidur pules ya). Sometimes..it even feels great, karena saya jadi lebih intens menelefon dan mendengar suara temen-temen yang biasanya lebih banyak bertegur sapa via BBM aja.

Somehow, kembalinya saya ke si LG GW300 sebagai handphone GSM lama saya dan semakin mengoptimalkan si Samsung B299 untuk bertelefon ke nomor fixed phone or CDMA, malah bikin saya ngerasa bener-bener living my life..terutama selagi saya ada di rumah dan spending my quality time with Kalilla. Ga ada lagi nyuri-nyuri chatting sambil ajak main Baby Kal, nyuri-nyuri jawab comment selagi netekin Kalil (yang biasanya berujung pada Kalil yang nimbrung pengen kut-ikutan pegang BB emaknya, which I don't like it), dan segala aktivitas "nyuri-nyuri" lainnya yang entah kenapa sering bikin saya feeling guilty sama Kalilla pada akhirnya. Kalo memang keluarga, saudara, atau teman perlu saya, they will call or text me. Begitu juga sebaliknya. If I need them. I will call or text them right away. Balik lagi ke jaman awal mula pegang handphone gitu laaah..hahaha.. :D

Afterall..dengan hidup seperti itu, quality time saya sama Kalilla di rumah bener-bener terasa maksimal dan saya manfaatkan sebaik-baiknya. Aktivitas rutin kayak ngajarin Kalil jalan setelah bangun pagi, main sama-sama sebelum dan sepulang saya kerja, dan netekin sambil bacain cerita sebelum Kalilla tidur, kali ini tanpa terdistract Blackberry dengan segala "aktivitas" di dalamnya. Rasanya??? Surprisingly menenangkan..juga menyenangkan.. :)

Saya tahu bahwa penggunaan gadget itu memang kembali ke individunya masing-masing ya. Kalo kita kurang bijak menggunakannya, risikonya ya bakal tenggelam dengan "aktivitas" maya di dalamnya dan cenderung abai sama dunia luar yang jelas-jelas nyata dan ada. Saya sendiri semakin menyadari hal itu terutama setelah Kalilla lahir. Berapa banyak waktu yang saya buang untuk berselancar di dunia maya, chatting dengan temen-temen yang kadang semakin lama bahasannya semakin gak penting saking kehabisan bahan obrolan, dan membandingkan betapa berharganya waktu itu kalo saya habiskan untuk berinteraksi langsung dengan mereka yang bener-bener exist di sekitar saya, contohnya keluarga, dan Kalilla salah satunya dan yang paling utama. Itu juga yang alasan kenapa saya, even sebelum si Blackberry rusak, lebih sering menjawab BBM, mengupdate socmed, browsing, atau melakukan apa pun dengan smartphone urdu itu di jam Kalilla tidur.

Memang ga bisa saya mungkiri, adanya Blackberry memang menjadikan hidup saya jauh lebih "mudah". Gimana enggak, alat sekecil itu bikin "dunia" seakan ada di genggaman tangan, alat sekecil itu juga membukakan pintu ke "rumah" siapa saja, di mana pun mereka, siap untuk saya sapa dan ajak bercengkrama kapan saja. Sampe akhirnya si Blackberry itu mati, tentu butuh waktu untuk membiasakan diri dengan hidup yang tak "semudah" sebelumnya. Ya, di awal rusaknya Blackberry urdu itu, saya pun kembali "belajar" membiasakan diri menggunakan handphone hanya untuk berkirim SMS dan bertelefon saja, dan kembali ke laptop atau PC untuk berselancar di dunia maya atau mengupdate akun socmed jika memang saya memerlukannya. Akhirnya..dari yang tadinya selalu ngerasa ada yang hilang, selalu ngerasa ada yang kurang, lama-lama saya pun terbiasa dan menikmatinya. Ya, terbiasa dan menikmati keseharian saya..tanpa si Blackberry.

Lama kelamaan, satu dua orang temen dan beberapa saudara pun mulai bertanya-tanya, bahkan ga sedikit juga yang "protes" atas keenggakeksisan saya di dunia maya. Pertanyaan kayak "BB lo ke mana? Aktivin lagi dong BBM-nya!" atau "Susah mau ngehubungin Acy sekarang! Sibuk banget ya?" udah semakin terdengar biasa di telinga saya. Menanggapi itu, saya sih biasanya cuma ngejawab santai, "Phone calls or SMS only!" :D Masa tenang tanpa Blackberry mungkin udah bener-bener bikin saya nyaman. Tapi, rupanya ga demikian dengan orang-orang di sekitar saya. Di tengah keseharian saya khususnya pekerjaan yang membutuhkan koordinasi cepat antarbagian, rasanya memang berlebihan juga kalo saya bener-bener nutup akses saya untuk mereka yang lebih smartphone friendly, apalagi di jaman begini. Ya, tuntutan pekerjaan pun akhirnya meruntuhkan ego saya dalam hal ini.

Dan setelah menginap cukup lama di tukang servis, akhirnya malam tadi Dodo membawa pulang si Blackberry tua dalam kondisi menyala. Campur aduk juga rasanya. Antara lega karena ternyata si urdu itu masih bisa dibenerin meskipun ongkos servisnya agak di atas perkiraan padahal mending duitnya buat tambah-tambah beli smartphone baru aja ih :P..tapi ada juga rasa khawatir keberadaannya bakal "mengganggu" ketenangan di saat saya bisa lebih menikmati kebersamaan dengan dunia nyata di sekitar saya tanpa banyak jeda. Ah..semoga saja enggak ya. Semoga aja dua bulan tak ber-BB bisa bikin saya lebih bijak menggunakannya. Semoga tetep ga ada lagi yang namanya nyuri-nyuri chatting sambil ajak main Kalilla, nyuri-nyuri jawab comment selagi netekin Kalilla, dan segala aktivitas "nyuri-nyuri" lainnya yang sering bikin feeling guilty pada akhirnya. Dan semoga men temen yang suka telat-telat dibales BBM-nya, SMS-nya, commentnya, atau apa pun itu juga mengerti dengan kondisi saya.. *halah* :P


peace & love


@cy

Komentar