Quick Recap.. (Part One)

Too bad.. :-( Saking malesnya saya..lagi-lagi..banyak momen yang saya lewatin tanpa saya share di sini. Maksud hati jadiin lahan di blog ini untuk memorabilia, yang ada memori itu jadinya malah saya lupa karena dibiarin lewat begitu aja. Mulai terapi TORCH yang saya jalani selama beberapa bulan terakhir ini, menjalankan ibadah puasa pertama kali bersama suami, dan tentu saja..berlebaran bersama keluarga yang lebih besar lagi karena sekarang udah ada mertua, semuanya udah jadi cerita lama. Well..okay..buat Anda-Anda yang follow saya mungkin cerita-cerita di atas tadi ngga ada pentingnya ya.. :-D But at least, itu semua bisa jadi pengingat buat saya tentang apa aja yang udah saya lewatin selama ini, apa hikmah yang bisa saya ambil, yang tentunya saya harap juga bisa jadi penyemangat saya untuk ngejalanin hidup ini lebih baik lagi. Sukur-sukur bisa bawa manfaat juga buat yang baca.. ;-)

And the story goes to..

Terapi TORCH

Bukaaaan..saya bukan lagi ngomongin salah satu tipe Blackberry lho di sini. Lagian belum perlu juga lah Blackberry sejuta umat yang saya punya sekarang untuk di "terapi" ato di "upgrade" ke tipe ini. Masih banyak lagi yang jauh lebih penting buat saya pikirin ketimbang pergadgetan yang updatenya ga berenti-berenti. (hahaha..mulai OOT daah.. :-D)
Jadi gini..dengan histori saya yang memang cinta banget sama kucing sedari kecil, doyan banget makan sate dan melahap lalapan, yang konon bisa jadi penyebab timbulnya virus toksoplasma, setelah saya menikah 11 Februari lalu, saya diultimatum orang tua (terutama bapak) untuk melakukan cek darah dulu sebelum merencanakan kehamilan. Bukan tanpa alesan mereka maksa-maksa saya. Banyak cerita-cerita di luaran, termasuk yang dialami sendiri oleh temen kantor mama saya tentang bahayanya si toksoplasma ini untuk jabang bayi. Ngeri lah kalo saya ceritain di sini..yang pasti sih orang tua saya cuman pengen saya pastiin semuanya baik untuk saya, dan baik juga untuk calon cucu mereka juga nantinya.
Jadilah saya ikutin saran orang tua saya untuk melakukan cek darah. Saya memutuskan untuk ngambil tes TORCH ( Toxoplasma gondii, Rubella, Cyto Megalo Virus (CMV), Herpes Simplex Virus (HSV), and other) di Laboratorium Paramita atas rujukan dokter kandungan saya. Base on apa yang dibilang dokter, sumber yang saya baca, dan pengalaman orang-orang di luaran, tes ini saya anggap penting untuk dilakukan sebelum kehamilan, khususnya untuk yang punya histori seperti saya ini. Well..harganya memang sangat tidak murah untuk karyawan sekelas saya. Bayangin aja, untuk tes TORCH lengkap, IGG (infeksi past) dan IGM (infeksi present), totalnya bisa makan biaya sampai Rp 1.550.000.. :-( Tadinya saya sempet ciut buat ngambil tes TORCH lengkap yang biayanya ga sedikit itu. Tapi syukur alhamdulillah..setelah tanya-tanya ke pengurus asuransi kesehatan di tempat saya kerja, ternyata tes ini jadi tanggungan kantor. Jadilah saya bisa tes darah tanpa keluar uang sepeser pun. Alhamdulillah... :-)
Hasilnya tesnya? Hiksss..lumayan mengkhawatirkan.. :-( Untuk pastinya saya harus liat lembaran hasilnya di rumah. Tapi yang jelas sih ada beberapa parameter yang positif, termasuk toksoplasma dan rubella yang perlu tindakan terapi. Untuk itulah..beberapa bulan terakhir saya makan obat antivirus dengan jumlah yang ga sedikit dan dosis yang lumayan tinggi. Semua ini saya lakuin sebagai bentuk ikhtiar untuk bisa menekan jumlah virus-virus TORCH. Konon, virusnya gabisa ilang sama sekali. Bisanya cuma ditekan sampe hasilnya negatif di IGM (infeksi present), biar aman untuk hamil. Tapi saya tetep percaya sama keajaiban Allah..semoga saja setelah ngonsumsi obat yang ga sedikit itu, virus-virus ini pergi dari badan saya dan hasil tes TORCH berikutnya bisa nunjukkin hasil negatif. Amin. Doain saya yaaa.. :-)
Inilah alesan kenapa saya menunda kehamilan.. :-( Mau tidak mau..suka tidak suka..saya harus memilih untuk menunda. Alesannya..saya dan Dodo pengen mastiin dulu semuanya aman, untuk saya mengandung si jabang bayi, dan tentunya untuk bayinya nanti. Kami tentu berharap putra / putri kami kelak lahir dalam keadaan selamat, sehat, sempurna lahir dan akhlaknya..(amin). Dan demi itu juga saya dan Dodo beriktiar sekarang. Kami ikutin semua saran dokter, cari referensi sana-sini, jalanin terapi sebaik-baiknya ("serius" kalo kata Bapak saya), dan yang pasti..kami pasrahkan semua usaha kami ini kepada Allah, Yang Mahakuasa atas segalanya.
Seperti sudah diduga sebelumnya..di usia perkawinan yang udah masuk ke bulan ketujuh ini, pertanyaan tentang momongan semakin banyak aja. Ga sedikit juga pertanyaan sekaligus pernyataan nyinyir yang kami terima soal ini. Pokonya kalo semuanya didenger & dimasukkin ke hati, ketemu dengan orang-orang yang berkecenderungan mengajukan pertanyaan-pertanyaan serupa bener-bener bikin sakit dan trauma lah.. :-p Tapi untungnya sih kami enggak. Kuncinya ya cuma pasrah. Toh adanya virus di tubuh saya, yang bikin saya harus menunda kehamilan juga atas kehendak Allah. Makanya kami yakin..insya Allah ada hikmah yang Allah berikan di balik ini semua. Amin.
And now..finally..obat antivirusnya habis sudah. Dokter bilang, terapi dinyatakan selesai setelah obat yang beberapa bulan lalu dia resepkan ludes ngga bersisa. Untuk tau seperti apa hasil terapinya, saya harus ngulang tes TORCH lagi dalam waktu dekat. Hhhmm..antara excited dan nervous gini saya nunggu tesnya. Doain saya ya..semoga tes darah berikutnya nunjukkin hasil baik, dan saya bisa merencanakan kehamilan itu segera. Amin ya Allah... :-)

So..how about the other stories? Hhmmmh..tunggu aja di postingan berikutnya...kapan-kapan...hahaha.. :-D Payah nih emang..susah banget nyemangetin diri buat posting blog serajin dulu.. :-P Well..cerita kali ini cukup segitu dulu aja yaa..share to you later..soon enough i hope... :-)


peace & love


@cy

Komentar