"Men Are from Mars, and Women Are from Venus"


Oke..kali ini saya mo posting blog ya aga serius nih..(tapi tetep ada curhat colongannya juga yaa.. :-p) Berawal dari ribut-ribut kecil saya dengan Dodo..yang akhirnya bikin kita ketawa sendiri karena geli..saya akhirnya posting blog ini.

Kenapa ketawa geli? Well..ribut-ribut kecil itu sebenernya ga bakal kejadian..kalo aja saya..si cewek..ga pake mutar-muter kalo mo ngungkapin sesuatu. Gitu juga Dodo..si cowok..bisa ngerti dan ngikutin pola pikir saya yang pake mutar-muter itu. Blom lagi PMS yang sering bikin smuanya makin parah..saya yang jadi lebih sensi..dan Dodo yang akhirnya dibikin makin ga ngerti. Hohoho..interesting nor complicated yaak.. ;-) Indeed..me..personally..found that relationship between men and women itu yaa begitu itu..interesting and clomplicated in a package.. ;-) Everlasting or enggaknya relationship ya tinggal gimana kita bisa tetep bertahan di tengah kerumitan itu..(so called surviving)..and off course..a very must thing..saling mengerti, mencintai, dan menerima kelebihan plus kekurangan satu sama lain.. (at least menurut saya lho ini..) (◕‿◕)
   
 Banyak yang bilang..cowok berpikir dan bertindak secara rasional, sedangkan cewek berpikir dan bertindak secara emosional. Saya setuju. Tapi..di balik tindakan rasionalnya, bukan berarti cowok ga punya sisi emosional kan? Gitu juga sebaliknya, di balik sisi emosional cewek, bukan berarti juga cewek ga rasional.
Perbedaannya jelas. Gitu juga persamaannya, yaitu sama-sama punya sisi emosional. Pertanyaanya, kalo kita lagi ngadepin masalah..mana yang lebih baik? Mecahin masalah dengan cara emosional atau rasional? Hidup dengan rasional atau emosional? Bertindak menurut pemikiran kita atau menurut perasaan kita?

Contoh kasus nih..si cewek dan cowok lagi ribut karena satu masalah. Si cewek..(khususnya yang cerewet kayak saya.. :-p) dengan segala emosinya kepengen masalah itu diomongin saat itu juga, sedangkan si cowok lebih prefer menarik diri..or taking a space for himself to contemplate. Ketika si cewek makin emosi..si cowok malah makin narik diri. Why? 

Well..menurut beberapa sumber yang saya baca (dan terbukti dengan apa yang saya alemin sendiri juga.. :-p) di saat ngedepin masalah begini, kebutuhan si cowok akan rasa nyaman beda dengan kebutuhan si cewek. Si cowok bakal ngerasa lebih baik dengan selesainya persoalan, sementara si cewek bakal ngerasa lebih nyaman dengan membicarakan persoalan itu. Yeah..we're taking a different way to solve a problem..coz Men are from Mars, and Women are from Venus.. :-D


Konon, di Mars, seorang cowok dilahirkan dengan prinsip kekuasaan, keterampilan, efisiensi, dan prestasi. Harga diri mereka diperoleh melalui kemampuan mereka mencapai hasil-hasil dan mereka pun dapet kepuasan penuh melalui kesuksesan dan keberhasilan ini. That's why..cowok perlu menjauh supaya dia bisa merasakan kerinduan akan kedekatan..dan merasa dipuaskan setelah masalah itu dapat ia selesaikan..(off course..secara rasional). Hmmh..sedikit aneh ya..ehehe... :-p

Naaah..kalo cewek niih..katanya lebih diumpamain kayak gelombang. Kalo ngerasa dicintai, "harga dirinya" naik turun dalam gerakan gelombang. Di saat ngerasa seneng, dia bakal nyampe ke suatu puncak, tapi suasana hatinya bisa berubah tiba-tiba dan gelombangnya yang menurun. Biasanya..penurunan gelombang ini sifatnya sementara..lebih karena rasa takut keilangan rasa dicintai itu suatu waktu, takut dikhianati, dan ketakutan-ketakutan laennya. Tapi..setelah nyampe ke dasar itu, suasana hati si cewek bisa tiba-tiba berubah lagi..dia kembali merasa senang akan dirinya dan apa yang dia punya. "Ajaib" ya..ehehe.. ;-)

Ternyata ga sampe di situ aja perbedaannya. Karena jiwa cewek & cowok juga beda, mereka juga cenderung ngungkapin sesuatu dengan cara yang berbeda. Hal ini sering banget nimbulin miskomunikasi di dalam suatu hubungan..(et daah..dari hati banget saya ngetik yang satu ini.. :-p) Cewek lebih sering nganalisis situasi dengan emosi daripada merasionalisasinya, sementara cowok lebih suka nahan perasaan (baca: emosi) demi kemerdekaan dan maskulinitas mereka. Ini bener-bener hambatan komunikasi yang bisa bikin gila (literally)..terutama buat pasangan baru yang masih belajar tentang pasangan mereka.

Soal komunikasi ini, saya pernah tertampar dengan dialog di film P.S. I Love You. Saya yang nonton film itu bareng Dodo..tiba-tiba saling liat-liatan waktu adegan adu mulut antara Holly (Hillary Swank) dan Gerry (Gerrard Butler)..yang isi dialognya kurang lebih seperti ini; 

Gerry : Most of what I say is nothing. It's just something to say.
Holly : No. Men say it's just something to say in order to get away with saying something... but they know they're saying something everytime they say it.

Aha..got it!! Been there done that too lah pokonyah.. :-D Saling liat-liatannya saya dan dodo setelah dialog itu selesai juga adalah bukti bahwa kita setuju sama yang Holly bilang..sekaligus ngakuin bahwa saya..as the woman..adalah kebalikan dari statement Holly itu.. (pernah denger..women aren't usually mean what they say?? ;-p)

Hmmm..do you got it now? Well..in case you don't..saya kasih contoh kasusnya lagi yaa.. ;-)


She says: Aku ga keberatan kalo kamu masih suka ketemu dan hang out sama mantan kamu.
She could be means: Aku percaya sama kamu..tapi aku ga percaya sama dia. Kalo dia berani macem-macem..liat aja!!!

She says: Aku ga keberatan ko kamu ajak nonton sepak bola bareng.
She could be means: Aku kesiksa sebenernya..tapi ga apa-apa yang penting bisa barengan kamu..itu aja.

She says: Aku ga apa-apa ko!! (dengan penuh penekanan)
She could be means: Coba..kamu nyadar ga kalo aku lagi marah sama kamu!! (so called denial :-p)


She says: Ya udah..kalo kamu mau pergi sama temen-temen kamu ya ga apa-apa. (lagi, dengan penekanan yang sama)
She could be means: Fine..kalo kamu lebih suka pergi sama temen-temen kamu..pergi aja!!!

Hihihi..itu baru sedikit contoh loh.. :-D Kayaknya masih banyak kasus laen yang ngeliatin gimana complicated and interestingnya emosi versus rasio antara cewek dan cowok. Seengganya..kasus-kasus di atas itu juga ngebuktiin bahwa cewek lebih sering berpikir dan bertindak dengan emosi mereka daripada cowok ya. Akibatnya..bahasa pun mereka "manipulasi" dengan cara yang berbeda..yang gak jarang nimbulin miskomunikasi itu tadi.

Nah..di sinilah "rasionalitas" cowok diuji. Cowok musti ngebuktiin rasa sayangnya dengan menerima dan mempelajari segala suatu tentang ceweknya..(gimana dia berpikir, gimana dia berbicara, dan gimana dia berkomunikasi berikut intonasinya.. :-p). Kalo cowok mau berusaha dan bisa ngertiin missing link dari kalimat-kalimat bersayap itu..ga susah deh buat dapetin upaya yang sama dari si cewek.. (trus me..it works.. :-p).

Yaah..itulah dia sedikit pendapat saya tentang istilah "Men Are from Mars, Women Are from Venus". Dua makhluk dari "planet" yang berbeda..struggling themself in a relationship..with all the beauty and complexity.. :-) Mungkin sedikit banyak..pendapat saya ini bisa ngejelasin kenapa kita bisa bertengkar hebat dengan pasangan kita. Dan terlepas dari kalian setuju ato nggak..semoga (at least) ada sedikit yang bermanfaat yaaa.. ;-)


peace & love
@cy

Komentar